Pemkot Solo Minta Sekolah yang Gelar PTM juga Siapkan Satgas Covid-19

Pemkot Solo Minta Sekolah yang Gelar PTM juga Siapkan Satgas Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meminta kepada sekolah yang menggelar uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) untuk juga menyiapkan tim Satgas Covid-19.

Untuk informasi, dalam rencananya, uji coba PTM ini akan diikuti oleh sebanyak 23 SMP negeri/swasta serta satu MTs pada hari Senin (22/3/2021) mendatang.

Hal ini sebagai tahapan PTM pada bulan Juli 2021 yang melibatkan semua sekolah.

Pada hari Jumat (19/3/2021), Ahyani selaku Sekretaris Daerah Solo mengatakan, “Nanti masing-masing sekolah yang menggelar PTM menyediakan satgas Covid-19. Nanti tetap dimonitor dari pemkot”.

Ia menambahkan, bahwa jika dalam pelaksanaan uji coba ditemukan ada salah satu siswa atau guru positif Covid-19 akan langsung di-tracing.

Lalu pembelajaran tatap muka sekolah sementara dihentikan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Ahyani menyampaikan, “Tidak separuh sekolahan. Separuh kelas dan hanya kelas IX. Giliran nanti masuknya. Separuh tatap muka, separuh daring dan tidak pelajaran penuh,” ujarnya.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Di sisi lain, Teguh Prakoso selaku Wakil Wali Kota Solo menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan di beberapa sekolah sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka.

“Ini tugas pemerintah untuk memastikan sekolah-sekolah yang sudah dipersiapkan oleh Dinas pendidikan siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, sementara ini yang didaftar hanya 23 sekolah SMPN/swasta termasuk MTS”

Wakil Gibran itu mengakui bahwa semua sekolah sudah menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana protokol kesehatan dengan baik.

Ia menuturkan, “Ada sekolah yang menggunakan thermogun tangan dan fisik secara keseluruhan. Ini tergantung sekolah masing-masing. Tapi fungsinya tidak mengurangi prokes”.

Menurut hasil pemantauan itu, sekolah yang memenuhi standar prokes direkomendasikan mengikuti pembelajaran tatap muka pada Juli 2021.

Baca Juga:  PP Diteken Jokowi, Kafe dan Toko yang Putar Lagu Wajib Bayar Royalti

Apabila ada sekolah yang belum siap, maka pemerintah tidak akan memberikan izin kepada sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

“Termasuk sekolah swasta yang semua serba siap tapi orangtua tidak memberi persetujuan itu pemerintah tidak mengizinkan”.

Meski saat ini simulasi baru dilakukan untuk tingkat SMP, dikatakannya, tidak menutup kemungkinan PTM juga akan dilakukan di tingkat SD.

“SD ada yang sudah simulasi, ini jadi pertimbangan juga. Bisa saja nanti mulai bulan Juli PTM bisa diikuti oleh 3-4 SD secara bersamaan. Saya kira tidak ada yang tidak mungkin, sepanjang dinas pendidikan dan sekolah siapkan infrastruktur”, katanya.

Tags: , ,