Pemkot Solo Mulai Awasi Pendatang Guna Antisipasi Lonjakan Kasus

Pemkot Solo Mulai Awasi Pendatang Guna Antisipasi Lonjakan Kasus

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) mengoptimalkan percepatan vaksinasi, pemkot mulai memperketat pengawasan protokol kesehatan yang diterapkan oleh masyarakat seiring meningkatnya jumlah pasien Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Pada hari Selasa (27/4/2021), Ahyani selaku Ketua Harian Satgas Covid-19 Solo mengatakan, “Persiapan dan antisipasi lonjakan kasus corona baru kami lakukan dengan berbagai cara. Jangan sampai Lebaran kasusnya naik”.

Ahyani menjelaskan bahwa pengawasan pemudik mulai dilakukan mulai pekan kemarin.

Selain mengatur pengawasan pendatang di kewilayahan, Pemkot Solo juga bakal lebih tegas dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Ahyani menuturkan, “Jangan sampai Lebaran masyarakat justru abaikan protokol kesehatan”.

Ia melihat saat ini banyak masyarakat abai dalam mengenakan masker. Di waktu bersamaan, kegiatan masyarakat di luar ruangan juga makin intens.

“Pertemuan masyarakat dalam berbagai kegiatan itu mestinya dibarengi dengan tingkat kepatuhan yang tinggi. Nyatanya di lapangan masih ada yang lalai,” tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau bahwa masyarakat untuk saling mengawasi. Kalau mendapati ada tetangga melanggar protokol kesehatan untuk tidak segan mengingatkan.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih akan mempertimbangkan perizinan mudik lokal saat Hari Raya Idul Fitri di Solo Raya. Hal tersebut setelah kasus penularan Covid-19 di Solo dan sekitarnya mulai naik.

Namun hingga saat ini, pihaknya masih memperbolehkan mudik lokal. Aturan baru nantinya akan diterbitkan lewat Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo pada 3 Mei 2021 nanti.

Pada hari Selasa (27/4/2021), putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, “Mudik lokal nanti tak kasih keputusan. Sejauh ini boleh. Tapi kita lihat lagi, soalnya kasus Covid-19 di kiri-kanan kita itu juga lagi naik”.

Tags: , ,