Pemkot Solo Mulai Siapkan Ajudan, Sepri Dan Sopir Untuk Gibran

Pemkot Solo Mulai Siapkan Ajudan, Sepri Dan Sopir Untuk Gibran

Pada pekan depan, Wali Kota Solo terpilih yakni Gibran Rakabuming Raka akan dilantik.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah mulai menyiapkan pendukung kerja untuk Wali Kota Solo terpilih tersebut.

Perangkat pendukung kerja tersebut diantaranya adalah ajudan, sekertaris pribadi (sepri), sopir, hingga pengelola rumah tangga untuk rumah dinasnya.

Namun, hingga pada hari Kamis (18/2/2021) kemarin, belum dapat diputuskan siapa saja yang akan menempati posisi-posisi tersebut.

Herwin Nugroho selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Solo mengatakan bahwa pihaknya sedang menginventarisasi personel untuk menduduki posisi-posisi itu.

Bagian Umum Pemkot Solo punya waktu kurang lebih sepekan untuk menyiapkan personel itu sebelum Gibran akan dilantik.

Pada hari Kamis (18/2/2021) kemarin, Hermin menuturkan, “Ini kami istilahnya baru inventarisasi, kebutuhan personel, perlengkapan, peralatannya. Nanti mungkin pekan depan sebelum pelantikan kami finalkan. Jadi kami mencarikan figur-figurnya dulu, kalau sudah lengkap kami finalisasi”.

Baca Juga:  KAI Commuter Terbitkan Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo

Proses penyiapan personel Pemkot Solo yang akan membantu tugas Gibran dan Teguh sebagai Wali Kota dan Wawali tidak lah gampang.

Pasalnya, personel yang disiapkan tidak hanya untuk yang bertugas membantu di kantor, tapi juga personel di rumah dinas (rumdin).

Hermin menjelaskan, “(Jumlah kandidat) Belum saya cek, masih inventarisasi. Yang ajudan yang dibutuhkan seperti apa, seprinya, TU, driver, yang di rumah tangga bagaimana, seperti apa. Masih terus diproses. Di rumdin juga ada personel-personelnya”.

Ihwal kualifikasi calon ajudan, sepri, TU dan sopir, mereka yang memahami tugas dan fungsinya dengan baik.

Seperti untuk sopir mobil dinas, yang bersangkutan harus mempunyai kemampuan mengemudi dengan baik dan safety.

“Yang istilahnya sopir ya cara menyopirnya baik, tahu safety driving seperti apa. Kalau ajudan ya tahu tugas-tugas Wali Kota, tahu struktur organisasi Pemkot dan birokrasinya. Sepri juga tahu struktur organisasi pemkot, tata laksananya,” ujarnya.

Baca Juga:  Tinjau Masjid Sriwedari, Gibran Ungkap Dana CSR Seret Karena Covid-19

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menegaskan bahwa pelantikan Bupati/Wali Kota terpilih pada Pilkada Serentak 2020 akan digelar secara virtual.

Ganjar juga menyampaikan bahwa rencananya proses pelantikan digelar pada tanggal 25 Februari atau 26 Februari mendatang.

Orang nomor satu di Jateng itu menuturkan, “Sudah ada ketentuannya, sudah kami siapkan nanti tanggal 25 atau 26. Nanti kami gelar secara virtual”.

Tags: , ,