Pendaftaran Calon Penerima Bantuan Modal Usaha Kembali Dibuka

Pendaftaran Calon Penerima Bantuan Modal Usaha Kembali Dibuka

Pada hari Senin (12/10/2020) ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar membuka kembali pendaftaran calon penerima bantuan modal usaha tahap keenam.

Martadi -Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar- menyampaikan bahwa pembukaan pendaftaran penerima bantuan modal usaha tahap keenam menindaklanjuti surat dari Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 491/SM/X/2020 mengenai perpanjangan waktu pendataan pendaftaran program bantuan modal usaha kepada UKM.

Pada hari Minggu (11/10/2020) kemarin, Martadi menuturkan, “Kuotanya masih ada. Makanya kita buka kembali. Bukan hanya Karanganyar, tapi seluruh Indonesia”.

Ia menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi pendaftaran tahap sebelumnya, bagi masyarakat yang sudah mendaftar tidak perlu mendaftarkan diri lagi. Harus mendaftar terlebih dahulu melalui http://bit.ly/PendataanUKMKaranganyar.

Baca Juga:  Jokowi Belum Teken Omnibus Law

Di sisi lain, Adolfus Joce Bau -Kabid Koperasi dan UKM Disdagnakerkop UKM Karanganyar- menjelaskan bahwa pengumpulan berkas pendaftaran di kantor dinas dilayani pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Yang penting harus sudah mendaftar melalui link dulu. Untuk menghindari penumpukan, sebaiknya pengumpulan berkas dapat diwakilkan kepada satu orang, atau setiap kecamatan dikoordinasikan oleh satu warga,” ujarnya.

Pihaknya menyebut, bantuan modal hingga tahap kelima, ada 28.772 warga yang mendaftar.

“Kami hanya bertugas mendaftarkan berkas yang diajukan pemohon, sedangkan siapa yang akan mendapatkan bantuan itu tergantung dari pusat,” imbuhnya.

Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar mengaku tidak mengetahui berapa pelaku usaha yang menerima bantuan Rp 2,4 juta. Kementerian bersama instansi terkait di Jakarta masih menyeleksi kembali usulan dari daerah.

Baca Juga:  Pembunuhan Wanita Dalam Mobil Terbakar di Sukoharjo Didasari Utang

Sebelumnya, Bantuan Presiden (Banpres) Produktif dipastikan akan berlanjut. Bantuan modal untuk pelaku usaha mikro sebesar Rp2,4 juta itu akan kembali disalurkan dengan target 3 juta penerima.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan saat ini program Banpres Produktif penyalurannya sudah mencapai target yang ditentukan sebesar 9,1 juta pelaku usaha mikro.

Incoming search terms:

  • ukmkaranganyar
Tags: , ,