Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka

Mulai hari Senin (2/11/2020) pukul 12.00 WIB kemarin, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 telah dibuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yakni Louisa Tuhatu.

Louisa mengatakan, “Melihat tingginya animo masyarakat, Komite Cipta Kerja (KCK) memutuskan untuk memulihkan kepesertaan Kartu Prakerja sebagai gelombang 11”.

Ia menambahkan, “Pendaftaran gelombang 11, yang merupakan gelombang tambahan, dibuka pada hari Senin, 2 November 2020, pukul 12.00 WIB”.

Untuk informasi, pada gelombang 11 tersebut, kuota yang disediakan yakni hampir 400.000 orang.

Bagi peserta yang sudah pernah mendaftar di situs Kartu Prakerja, dapat langsung bergabung dalam proses seleksi gelombang 11.

Penerima Kartu Prakerja tersebut merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Pemkot Solo Larang Kegiatan Perayaan Pergantian Tahun

Pada sebelumnya, terdapat 364.622 penerima Kartu Prakerja yang status kepesertaannya dicabut dari gelombang 1-10.

Louisa menjelaskan, “Pencabutan kepesertaan terjadi karena peserta tidak melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja”.

Peserta bisa mendaftar melalui laman https://www.prakerja.go.id.

“Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini, dan bagi mereka yang nanti lolos menjadi peserta jangan lalai untuk langsung melakukan pembelian pelatihan sebelum 30 hari agar kepesertaannya tidak tercabut”, kata Louisa.

Sebelumnya, PMO Kartu Prakerja menyebut pendaftaran gelombang 11 akan dibuka pada akhir Oktober lalu. Namun, kepastian tanggal kala itu masih menunggu arahan KCK.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Solo Ancam Tutup Mall Bila Tak Taat Prokes

KCK sendiri diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sementara, anggotanya terdiri dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan lainnya.

Tags: , ,