Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 14 akan dibuka pada hari ini, Kamis (11/3/2021) pukul 12.00 WIB.

Kuota yang disediakan yakni sama dengan sebelumnya yaitu 600 ribu orang.

Rudy Salahuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian mengatakan, bahwa kuota program kartu prakerja gelombang 14 akan dibuka untuk 600.000 orang peserta.

Dalam dialog Perkembangan Program Kartu Prakerja hari Rabu (10/3/2021) kemarin, Rudy menyampaikan, “Hari ini sudah diumumkan peserta yang lolos gelombang 13, dan besok batch 14 akan dibuka dengan kuota 600.000″.

Peserta yang diprioritaskan untuk lolos Kartu Prakerja adalah mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bisnisnya terdampak, pekerja di sektor pariwisata, dan pekerja migran Indonesia.

Dengan demikian, pembukaan gelombang 14 ini merupakan ketiga kalinya pendaftaran Kartu Prakerja di 2021. Tahun lalu, pemerintah berhasil merampungkan sebanyak 11 gelombang.

Rudy juga menambahkan bahwa pemerintah mengkaji peluang pelatihan Kartu Prakerja secara offline di tahun ini. Itu sebabnya, anggaran program sebesar Rp 20 triliun dicairkan bertahap yakni Rp 10 triliun di semester pertama dan Rp 10 triliun pada semester selanjutnya.

“Apabila diperlukan bisa kita percepat untuk Rp 10 triliun kedua tanpa harus memulai di semester II, atau juga nanti kita menunggu di semester II dengan mau mulai uji coba untuk pelatihan-pelatihan yang sifatnya offline dan sebagainya, ini mungkin, tergantung dari Komite Prakerja”, katanya.

Untuk pelatihan offline, PMO Kartu Prakerja akan memastikan terlebih dahulu tempat-tempat atau daerah yang jadi lokasi pelatihan tergolong dalam zona hijau Covid-19.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja gelombang 14:

1. Buka www.prakerja.go.id

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK), NIK.

*Masukkan data diri dan ikuti semua petunjuk yang tertulis pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

Tes motivasi dan kemampuan dasar sangat berpengaruh pada hasil keseluruhan tes untuk bisa lolos Kartu Prakerja gelombang 14. Tujuannya untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki.

4. Klik ‘gabung’ pada gelombang 14.

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS.

Tags: , ,