Penerapan Protokol Kesehatan UTBK di UGM

Penerapan Protokol Kesehatan UTBK di UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat bahwa ada 15.307 peserta dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari ini di kampusnya. Ujian akan berlangsung dalam dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
“Semuanya dilakukan dengan pengawalan Satgas COVID-19 UGM sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk tahun ini, total 15.307 peserta ambil bagian dalam UTBK,” kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno, dalam keterangan tertulis, Minggu (5/7/2020).

Djagal menjelaskan bahwa di tengah-tengah pandemi Corona, UGM menerapkan standar dan protokol kesehatan untuk peserta UTBK. Selain memeriksa suhu ketika mereka akan memasuki ruang UTBK, peserta juga harus membawa sertifikat kesehatan dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP)atau dari fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga:  Gibran Pastikan Pemudik Yang Nekat Pulang Ke Solo Langsung Dikarantina

“Pelaksanaan UTBK di UGM sangat ketat dan dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, menjaga jarak dan menggunakan masker,” katanya.

Selain itu, ada pembatasan jumlah peserta tiap sesi. Hal itu dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Peserta setiap sesi sekitar 870 orang dan tersebar dalam 14 lokasi dalam 52 ruang sehingga tiap lokasi hanya akan melayani rata rata sekitar 70 orang,” jelasnya.

Menurut Djagal, ada perbedaan UTBK tahun ini dengan tahun lalu. Sebab, dengan adanya pandemi Corona maka tes UTBK Tahun 2020 ini hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

“TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga:  Dishub Solo: Transportasi Dalam Kota Tetap Jalan

Tes UTBK ini terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap 1 dari 5-14 Juli dan tahap 2 dari 20-29 Juli. UGM hanya menyelenggarakan UTBK tahap I. Namun, setiap hari akan ada 2 sesi ujian yaitu sesi 1 pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi 2 dari pukul 14.00-16.15 WIB, kecuali hari Jumat, hanya ada 1 sesi.

“Karena pandemi ini ada pengurangan sesi menjadi dua sesi per hari dan waktu pelaksanaan tes relatif singkat 105 menit,” pungkasnya.

Tags: , , , ,