Penerima BLT UMKM 2020 Bisa Dapat Lagi di 2021

Penerima BLT UMKM 2020 Bisa Dapat Lagi di 2021

BLT UMKM atau Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dilanjutkan tahun 2021. Penerima program Bantuan Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tahun 2020 dapat kembali mendapatkan stimulus tersebut di tahun ini.

Mereka dipastikan dapat menerima BLT sebesar Rp 1,2 juta tanpa perlu melakukan pengusulan ke Dinas Koperasi dan UKM.

Melansir okezone yang mengutip akun Instagram @kemenkopukm, dituliskan, “Untuk penerima BPUM 2020 tidak perlu melakukan pengusulan ulang”.

Pada sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk BLT UMKM pada tahun ini dan Program BLT UMKM untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro memiliki anggaran sebesar Rp 15,36 triliun.

Untuk tahap I, telah tersedia anggaran sebesar Rp 11,76 triliun bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya menyampaikan, ada dua kriteria penerima BLT UMKM 2021. Calon penerima harus menunjukkan surat keterangan usaha dan tidak pernah mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pada konferensi pers hari Selasa (6/4/2021), Eddy mengatakan, “Pelaku usaha mikro yang bisa ditunjukkan surat keterangan usaha dari RT/RW atau Nomor Induk Berusaha (NIB). Tidak sedang mendapatkan KUR”.

Pada 2021, masing-masing pelaku usaha mikro memperoleh Rp 1,2 juta per penerima.

Ia juga menjelaskan ada tiga kategori yang diutamakan menerima BLT UMKM 2021.

“Diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang lagi diproses,” katanya.

Tags: , ,