Pengoperasian Pertama Feeder Bus BST Solo, Ratusan Supir Dikerahkan Operator

Pengoperasian Pertama Feeder Bus BST Solo, Ratusan Supir Dikerahkan Operator

Pada pengoperasian pertama di hari Minggu (1/11/2020) kemarin, PT Transportasi Global Mandiri selaku operator feeder bus Batik Solo Trans atau BST mengerahkan sebanyak 230 sopir.

Jumlah pengemudi untuk mengoperasikan 111 unit armada feeder BST dengan sistem sif.

Supandi selaku Project Manager PT Transportasi Global Mandiri (TGM) mengaku bahwa menggunakan sopir angkutan feeder yang sudah ada sebelumnya.

Tetapi, lantaran ada penambahan jam operasional dengan sistem kerja sif, pengelola menambah pengemudi sehingga totalnya mencapai 230 orang.

Supandi menuturkan, “Sopir feeder bus BST Solo bekerja sesuai jadwal sif yang diatur operator. Jadwal pertama tadi (Minggu) banyak yang seharusnya enggak masuk tapi ikut masuk. Mereka datang ke sini mau ambil armada. Tim kami kasih penjelasan. Ada evaluasi”.

Baca Juga:  Tahun 2021, Sekolah-Sekolah di Karangayar Siap PTM

Supandi menerangkan bahwa pengemudi yang sudah ada mendapatkan prioritas untuk layanan enam koridor feeder.

Sementara untuk pengemudi tambahan harus memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani dan juga memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A umum dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Supandi menambahkan, “Mereka mendapatkan gaji (UMK), upah makan, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan”.

Ia juga menjelaskan bahwa selain sopir, untuk pengoperasian feeder bus BST Solo, PT TGM juga merekrut teknisi, operator, dan bagian keuangan.

Supandi menerangkan bahwa PT TGM telah mempersiapkan armada feeder itu selama dua pekan terakhir dan sejumlah armada membutuhkan perbaikan setelah selama ini dibawa pulang oleh pengemudi.

Sementara itu, Muhammad Taufiq -Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Solo- membenarkan bahwa ada 230 sopir untuk mengoperasikan angkutan feeder. Namun, untuk anggarannya, dia mengaku tidak hafal.

Baca Juga:  Sikap PKS di Pilkada Solo 2020 Akan Ditentukan Dua Hari Lagi

Di sisi lain, sejumlah sopir angkutan feeder bus BST Solo berharap bahwa ada sosialisasi yang masif agar masyarakat tertarik menggunakan angkutan tersebut.

Tags: , ,