Per 3 November 2020, Pelayanan Perpustakaan Karanganyar Ditutup Sementara

Per 3 November 2020, Pelayanan Perpustakaan Karanganyar Ditutup Sementara

Mulai hari Selasa (3/11/2020) hingga batas waktu tidak ditentukan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menutup sementara pelayanan Perpustakaan Karanganyar .

Hal tersebut dilakukan lantaran salah seorang pegawai di bidang pelayanan Disarpus Kabupaten Karanganyar diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Pada hari Senin (2/11/2020) kemarin, Juliyatmono selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar dan sekaligus Bupati Karanganyar itu menuturkan, “Aktivitas perpustakaan ditutup, pelayanan. Sesuai standar kan 14 hari. Supaya tidak berkerumun. Ada pegawai sudah lama dirawat di rumah sakit. Nah saat di rumah sakit itu hasil tes swab terkonfirmasi positif Covid-19. Penutupan sementara pelayanan untuk antisipasi. Tetapi gejala itu tidak berasal dari penularan perkantoran”.

Orang nomer satu di Karanganyar itu juga menjelaskan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kantor tersebut.

Baca Juga:  Hendak Transaksi Sabu di SPBU Bejen, Pemuda Ini Diciduk Polisi

Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar itu mengatakan bahwa klaster perkantoran mulai muncul di Kabupaten Karanganyar.

Namun ia menyebut bahwa penularan Covid-19 tidak berada di kantor. Pihaknya menduga salah satu penyebabnya adalah aktivitas pegawai di luar kantor.

Bupati menjelaskan, “Sering, penularan bukan dari kantor. Tapi, aktivitas karyawan yang mungkin bepergian jauh atau tinggal tidak di sini atau bergaul dengan siapa tidak terkontrol. Kemudian sakit bergejala, mereka kontrol ke rumah sakit. Saat opname ketahuan hasil tes swab terkonfirmasi positif Covid-19″.

Di sisi lain, Sugeng Raharto -Kepala Disarpus Kabupaten Karanganyar- menjelaskan bahwa penutupan sementara pelayanan perpustakaan tidak harus 14 hari.

Pihaknya menunggu hasil pengecekan kesehatan dan tes swab berikutnya terhadap satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ia juga menyampaikan bahwa telah menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar untuk melaksanakan tes cepat atau rapid test maupun tes swab sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  HRS Tolak Uji Usap Covid-19 Pemkot Bogor, Bima Arya: Ini Wilayah NKRI!

Tes swab tersebut dilakukan terhadap pegawai Disarpus yang totalnya berjumlah 52 orang.

Sugeng menuturkan, “Perpustakaan ditutup sementara sambil menunggu perkembangan. Kalau aman ya dibuka lagi, tidak harus 14 hari. Kalau nanti hasil baik (negatif Covid-19) ya nanti kami buka pelayanan. Pelayanan perpustakaan untuk dewasa maupun anak-anak kami tutup. Karyawan kantor tetap masuk, tetapi bergiliran agar tidak berkerumun”.

Pihaknya juga menambahkan bahwa sedang mendata karyawan yang kontak erat dengan pegawai yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut. Terutama rekan kerja satu ruangan dengan pasien tersebut.

“Mohon maaf kami harus menutup pelayanan sementara perpustakaan. Pegawai lain tetap masuk untuk menyelesaikan pekerjaan yang dinilai penting,” kata Sugeng.

Tags: , ,