Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Pemasangan jebakan tikus beraliran listrik kembali menelan korban jiwa. Kali ini, korban tewas adalah Perangkat Desa Kecik Kecamatan Tanon Sragen, Cipto Purnomo (55). Ia ditemukan tak bernyawa di areal sawah, tak jauh dari rangkaian kabel listrik.

Korban yang juga Kaur Umum Desa Kecik ini ditemukan oleh warga dalam kondisi tergeletak di sawahnya yang terletak di Dusun Kaping, Desa Kecik.

Pada hari Sabtu (10/4/2021) lalu, salah satu warga Dukuh Sadang RT 2, Desa Kecik, Beno (50) mengatakan, “Kejadiannya mau Magrib. Sekitar pukul 17.45 WIB. Pak Cipto mau menyalakan mesin genset. Eh, malah terpeleset. Tubuhnya jatuh mengenai untaian kabel jebakan tikus berlistrik di sawah”.

Sementara itu, Camat Tanon, Suratman juga menuturkan bahwa usai ditemukan warga, korban awalnya hendak dibawa ke klinik terdekat. Namun dalam perjalanan, korban sudah meninggal dunia.

Selain itu, Suratman juga mengatakan bahwa pihak kecamatan sebenarnya sudah sering mengimbau warganya untuk tidak memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik.

Bahkan beberapa kali upaya pelepasan kawat jebakan tikus sudah sering dilakukan.

“Desa Kecik sendiri sudah sempat melakukan gropyokan tikus, dapat ribuan tikus. Tapi kemungkinan masih ada tikus sehingga petani masih memasang jebakan,” tandasnya.

Kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tercatat lebih dari empat warga Sragen meninggal dunia akibat tersengat jebakan listrik sejak awal 2021 sampai sekarang.

Tags: , ,