Peretasan Akun Twitter Para Pesohor, Yang Menawarkan Bitcoin

Peretasan Akun Twitter Para Pesohor, Yang Menawarkan Bitcoin

Twitter diserang oleh peretas. Akun Twitter milik Bill Gates, Jeff Bezos, Kim Kardashian, Kenya West, Barrack Obama hingga Apple tiba-tiba menawarkan tipu-tipu Bitcoin.

Peretas ini meminta followers akun Twitter orang penting yang dibajak ini untuk mengirim cryptocurrency Bitcoin ke dompet digital untuk kemudian digandakan.

“Semua orang meminta saya untuk memberi dan inilah saatnya. Anda mengirimkan US$1.000, saya kirim kembali ke Anda US$2.000,” tulis akun twitter Bill Gates yang tak lama kemudian dihapus.

Pada masalah ini, Twitter juga telah mengambil tindakan cepat dengan melakukan penyelidikan untuk mengatasi masalah ini. Twitter secara langsung tidak mengizinkan akun yang bercentang biru untuk mengirimkan tweet selama dua jam.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

“Sebagian besar akun sudah bisa kembali nge-tweet,” ujar Twitter melalui akun resminya, seperti dikutip Kamis (16/7/2020). “Sembari kami melakukan perbaikan, fungsi ini mungkin bisa kembali dinonaktifkan. Kami bekerja untuk membuat kondisi kembali normal secepat-cepatnya.”

Pendiri perusahaan cybersecurity CrowdStrike Dmitri Alperovitch mengatakan peretasan itu bisa menjadi yang terburuk yang pernah terjadi di media sosial.

“Sampai saat ini, kelihatannya ini merupakan peretasan terburuk dalam pada sebuah platform media sosial besar,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/7/2020).

Comeron Winklevoss, pendiri Gemini dari startup pertukaran uang digital, menggambarkan penggandaan Bitcoin sebagai penipuan dan menyarankan pengguna internet untuk tidak berpartisipasi.

“Ini adalah serangan yang sama atau pengambilalihan yang dialami akun twitter cypto besar lainnya. Waspadalah!” ungkapnya seperti dikutip dari AFP.

Baca Juga:  Gergaji Mobile Buatan SMK Kristen 2 Solo Siap Dipasarkan

Sayangnya, beberapa pengguna internet telah ditipu. Blockchain.com mencatat bahwa ada 12,58 Bitcoin atau setara dengan US$ 116.000 yang masuk ke alamat email yang disebutkan dalam tweet penipuan tersebut.

Tags: , , ,