Perkembangan Tentang Pemblokiran Tiktok CS Oleh Donald Trump

Perkembangan Tentang Pemblokiran Tiktok CS Oleh Donald Trump

Nasib aplikasi media sosial China seperti TikTok dan WeChat, apakah diblokir atau diizinkan berfungsi, akan ditentukan dalam beberapa minggu mendatang. Hal ini diungkapkan oleh kepala staf Gedung Putih, Mark Meadows, Rabu (15/7/2020)

Mark Meadows mengungkapkan bahwa pemerintah AS saat ini sedang mempelajari risiko keamanan nasional yang terkait dengan aplikasi media sosial, termasuk TikTok dan WeChat.

“Ada sejumlah … pejabat administrasi yang melihat risiko keamanan nasional terkait dengan TikTok, WeChat, dan aplikasi lain yang memiliki potensi paparan keamanan nasional, khususnya yang terkait dengan pengumpulan informasi warga negara Amerika. oleh musuh asing,” ujar Mark Meadows, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/7/2020).

“Saya tidak tahu apakah ada tenggat waktu yang ditentukan sendiri dalam tindakan, tetapi saya akan mengatakan bahwa kami melihat beberapa minggu, bukan bulan,” tambahnya.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Karanganyar Jadi Fokus Razia Masker, Mana Saja?

TikTok dan pemilik WeChat, Tencent, tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengungkapkan bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk memblokir aplikasi media sosial China seperti TikTok.

“Saya tidak mau mendahului Presiden (Donald Trump), tetapi itu salah satu yang kita lihat,” ujar Mike Pompeo dalam wawancara dengan Fox News.

Mike Pompeo menambahkan bahwa Presiden Donald Trump menanggapi laporan ini dengan serius setelah India memblokir 59 aplikasi China, termasuk TikTok, karena masalah keamanan data.

“Sehubungan dengan aplikasi China di ponsel, saya dapat menyakinkan Anda bahwa AS akan melakukan hal ini secara benar,” jelasnya.

Pada hari Rabu, New York Times mengutip sebuah sumber anonim yang mengatakan bahwa pemerintah membebani TikTok dan teman-temannya melalui Undang-Undang International Emergency Economic Powers Act, yang memberikan presiden kekuasaan untuk menghukum perusahaan dalam menanggapi ancaman luar biasa.

Tags: , , ,