Pesawat Super Canggih Osprey Yang Dibeli RI Dari AS

Pesawat Canggih Osprey Yang Dibeli RI dari AS

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah memutuskan untuk menyetujui penjualan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) kepada pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah pesawat angkut militer tipe MV-22 Block C Osprey dan peralatan terkait.

Dalam pernyataan resmi dari Defense Security Cooperation Agency (DSCA), Indonesia akan membayar setara dengan US $ 2 miliar atau Rp 28 triliun untuk delapan pesawat angkut militer tipe MV-22 Block C Osprey dan peralatan terkait. Pesawat MV-22 Block C Osprey. 24 AE 1107C Rolls Royce Engine, 20 Sistem Peringatan Rudal AN/ AAR-47, dan 20 Machine Guns GAU-21. Pembelian juga mencakup pelatihan personel, materi dan peralatan pelatihan, dan layanan bantuan teknis lainnya.

“Perkiraan total biaya US$2 miliar. Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan mitra regional penting yang merupakan kekuatan bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di wilayah Asia Pasifik,” tulis DCSA dalam keterangan resmi, seperti dikutip Rabu (8/7/2020).

Baca Juga:  Rilis Single dan Video Klip Baru, Ariana Grande Jadi Presiden AS

Jadi seberapa canggihkah Pesawat MV-22 Block C Osprey? Ini adalah pesawat perpaduan unik antara helikopter dan Pesawat terbang baling-baling. Pesawat ini mampu membawa 24 orang, 9 ton kargo internal atau 6,8 ton kargo eksternal, seperti dikutip dari Naval Technology.

Di Amerika Serikat Pesawat MV-22 Block C Osprey digunakan pasukan Marinir atau angkatan laut. Pesawat ini juga mampu terbang dengan kecepatan tinggi.

Boeing selaku pembuatan pesawat ini mengatakan MV-22 Osprey adalah pesawat tempur multirole yang memanfaatkan teknologi tiltrotor untuk menggabungkan kinerja vertikal helikopter dengan kecepatan dan jangkauan pesawat sayap tetap.

Dengan rotor dalam posisi vertikal, ia dapat lepas landas, mendarat dan terbang seperti helikopter. Setelah mengudara, ia dapat dikonversi menjadi turboprop yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi dan ketinggian tinggi.

Baca Juga:  Karena Dukung Trump, Chris Pratt Dijuluki “Chris Terburuk” oleh Netizen

Aeroweb melaporkan, V-22 Osprey dapat dilengkapi dengan senapan mesin M240 7,62 mm atau senapan mesin M2 Browning kaliber 50 (12,7 mm). MV-22 Osprey dikabarkan bakal menggunakan belly turret Interim Defensive Weapon System (IDWS) dari BAE Systems yang memiliki minigun tiga laras GAU-17 kaliber 7,62mm.

Tags: ,