Piala Menpora 2021, Kapolresta Solo: Nonton di TV Saja

Piala Menpora 2021, Kapolresta Solo: Nonton di TV Saja

Himbauan terkait Piala Menpora 2021 dilontarkan oleh Kapolresta Solo yakni Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Ade mengimbau kepada pencinta sepakbola untuk menonton gelaran Piala Menpora 2021 melalui televisi saja.

Seperti yang diketahui, kick off Piala Menpora 2021 akan berlangsung pada hari Minggu (21/3/2021) di Stadion Manahan, Solo mendatang.

Untuk informasi, Stadion Manahan menjadi venue laga pertama turnamen tersebut.

Pada hari Senin (15/3/2021) kemarin, Ade mengatakan, “Dari awal kita mengimbau kepada para pencinta bola di Surakarta maupun di Jateng bahwa pertandingan Piala Menpora ini digelar tanpa penonton dan akan disiarkan langsung televisi maupun media online“.

Kapolresta juga mengatakan agar tidak ada warga yang menggelar nonton bareng (nobar).

Pihaknya pun akan bertindak tegas untuk membubarkan jika ada warga yang kedapatan berkerumun untuk menyaksikan pertandingan Piala Menpora 2021.

“Yang kedua agar tidak melaksanakan nonton bareng yang berpotensi munculnya kerumunan massa, ini yang tidak kita harapkan di tengah pandemi saat ini”, tambahnya.

Ia juga menyebut akan menerjunkan Tim Pengurai Kerumunan (TPK) di sekitar Stadion Manahan dan juga disebar sejumlah titik.

Tim ini bertugas untuk membubarkan kerumunan warga termasuk adanya masyarakat yang nekat datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan.

Hal tersebut guna mencegah adanya cluster baru kasus Covid-19 di Kota Solo yang bisa menyebabkan jumlah kasus meningkat lagi.

“Pada akhirnya akan menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus Covid secara masif di tengah pandemi saat ini,” tandasnya.

Piala Menpora 2021 merupakan turnamen sepakbola pertama di masa pandemi virus Covid-19. Terhitung sudah satu tahun sepakbola nasional tak berjalan alias vakum.

Pada akhirnya pihak kepolisian memberikan izin kepada turnamen ini, namun tetap memberi syarat ketat agar gelaran ini bisa bergulir.

Salah satu syarat tersebut adalah larangan datang bagi para suporter ke stadion.

Sebagai siasat untuk mencegah suporter datang, semua laga Piala Menpora 2021 akan disiarkan melalui media televisi.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga sudah menghimbau agar masyarakat tidak perlu datang ke Stadion Manahan untuk menyaksikan turnamen.

Gibran mengatakan, “Piala Menpora sudah siap Pasoepati sudah dikondisikan, pokoknya tidak ada penonton”.

Ia juga meminta agar masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan dengan cukup menonton di rumah saja.

“Menontonnya cukup dari rumah saja dan tidak ada nonbar (nonton bareng), dah siap semua,” katanya.

Tags: , ,