Pilkada Klaten, Arif Budiyanto-Harjanta Siap Tancap Gas

Pilkada Klaten, Arif Budiyanto-Harjanta Siap Tancap Gas

Pasangan Calon Bupati (cabup) dan Calon Wakil Bupati (cawabup), Arif Budiyono (ABY), Harjanta (HJT) bersiap tancap gas dengan mendeklarasikan diri sekaligus aktif menggaet suara pemilih di Kabupaten Klaten menjelang Pilkada 2020. ABY-HJT mengklaim sudah memperoleh rekomendasi sedikitnya tiga partai politik pengusung di Pilkada Klaten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan ABY-HJT akan diusung empat parpol parlemen di DPRD Kabupaten Klaten. Hingga, hari Kamis (23/7/2020) surat rekomendasi parpol yang sudah dikantongi ABY-HJT adalah dari PAN (empat kursi), PKB (empat kursi), dan PPP (satu kursi).

Satu-satunya parpol parlemen yang belum keluar surat rekomendasinya ke ABY-HJT adalah Partai Nasdem (satu kursi).

“Surat rekomendasi dari PAN, PKB, dan PPP sudah turun. Sudah ada 10 kursi [di DPRD Klaten] sebagai syarat minimal maju di Pilkada 2020. Kami tinggal menunggu Partai Nasdem yang sebentar lagi juga turun rekomendasinya,” ujar Cawabup, HJT saat diwawancarai di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Klaten, hari Kamis (23/7/2020) petang.

Baca Juga:  Pada Januari 2021, Pemkot Solo Pastikan Manahan Steril Dari Pedagang Demi Piala Dunia U-20

Setelah mendapatkan rekomendasi, HJT mengatakan akan mendeklarasikan diri di hadapan masyarakat sebagai cabup-cawabup Pilkada Kabupaten Klaten 2020. Sesuai rencana, deklarasi ABY-HJT dilakukan di Klaten, akhir Juli 2020.

“Setelah ini, kami akan membentuk tim pemenangan. Selanjutnya, deklarasi. Akhir bulan ini deklrasinya. Semua tim dalam posisi solid. Kami akan bergerak [menggaet suara masyarakat] untuk kemenangan ABY-HJT. Jumlah sukarelawan kami juga terus bertambah [terdiri dari berbagai elemen masyarakat di Klaten. Semakin hari, kami semakin optimistis meraih kemenangan itu,” ucapnya.

Hal tersebut dijelaskan Ketua DPC PKB Klaten, Ahmad Mutohar. Surat rekomendasi PKB untuk ABY-HJT sudah turun hampir satu pekan lalu. Seluruh kader, pendukung, dan simpatisan PKB di Klaten dalam kondisi on fire memenangkan ABY-HJT di Pilkada 2020.

“Tim di internal PKB sangat solid. Kondisi riil di lapangan, PKB Klaten mengantongi sekitar 55.000 suara. Di Pilkada 2020 ini, kami mematok target dapat menyumbang suara ke ABY-HJT sebangak dua kali lipat dari suara yang ada itu,” ucapnya.

Baca Juga:  Angka Covid-19 Solo Muncul 8 Kasus Baru

Selain diusung empat parpol parlemen dengan tiga sudah mengeluarkan rekomendasi, lanjut Ahmad Mutohar, barisan pengusung ABY-HJT juga masih melakukan komunikaso politik dengan parpol lain untuk Pilkada Klaten 2020. Hal tersebut termasuk ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Klaten.

“Dengan Partai Golkar juga masih dilakukan lobi-lobi,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkada 2020 di Kabupaten Klaten kemungkinan besar akan diikuti tiga paslon. Selain ABY-HJT, paslon lainnya yang sudah muncul ke permukaan, yakni Sri Mulyani-Aris Prabowo (diusung PDIP dengan 19 kursi di DPRD Klaten) dan One Krisnata-Muhammad Fajri (diusung Partai demokrat/tiga kursi, PKS/lima kursi dan Partai Gerindra/lima kursi). Paslon One Krisnata-Muhammad Fajri sudah mendeklarasikan diri di Hotel Galuh, Kecamatan Prambanan, akhir Juni lalu.

Tags: ,