Pilpres 2024, 3 Lembaga Survey Unggulkan Ganjar dan Prabowo

Duet Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024 mendatang. Sampai saat ini hasil survei dari berbagai lembaga menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo yang cukup baik.

Analis politik dan ekonomi, Rustam Ibrahim mengatakan, jika Prabowo maju lagi sebagai calon presiden, maka yang paling prospektif memenangkan Pilpres 2024 adalah Prabowo-Ganjar Pranowo.

Prabowo yang telah dua kali dikalahkan Joko Widodo di Pemilu, dalam sejumlah survei terhadap elektabilitas, menempati peringkat atas. Demikian pula dengan elektabilitas Ganjar Pranowo yang ikut meningkat. Tiga lembaga survei menempatkannya dalam posisi atas tokoh dengan elektabilitas tinggi untuk Pilpres 2024.

Lembaga Indikator Politik Indonesia menempatkan Ganjar di posisi pertama. Dua lembaga survei lainnya, yakni Populi Center dan Center for Political Communication Studies (CPCS) menempatkan Ganjar di posisi teratas kedua dan keempat setelah Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Baca Juga:  Jokowi Soroti Kasus Covid-19 Jateng Memburuk, Pemprov Sebut Pusat Dobel Data

Dalam survei Populi Center yang tidak disebutkan keterangan waktu dan jumlah respondennya, Prabowo meraih 18,3%, diikuti Ganjar Pranowo (9,9%), Anies Baswedan (9,5%), Ustaz Abdul Somad (6,2%). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meraih 5,8%.

Sementara mantan cawapres Sandiaga Salahudin Uno hanya meraih 4,8%. Selanjutnya ada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (4,2%), Agus Harimurti Yudhoyono (3,8%), Gatot Nurmantyo (2,4%), dan Khofifah Indar Parawansa (2,2%).

Pada hasil survei yang dilakukan CPCS pada 20-29 Februari 2020 dan dirilis 11 Maret 2020 lalu menempatkan Ganjar di posisi ketiga. Ia masih kalah di bawah Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia tersebut Prabowo meraih 22,7% suara. Anies Baswedan membayangi (13,8%), disusul Sandiaga Uno (12,1%). Sementara Ganjar Pranowo di urutan keempat (8,5%), Ridwan Kamil (5,8%).

Baca Juga:  Kasus Ekspor Benih Lobster, KPK Geledah PT Aero Citra Kargo

Sementara dalam survei Indikator Politik Indonesia pada 24-30 September 2020 dengan sampel responden sebanyak 1.200 orang secara acak menempatkan Ganjar di peringkat teratas. Ia meraup 18,7%.

Perolehan Ganjar ini melebihi kandidat lainnya seperti Prabowo (16,8%) dan Anies Baswedan (14,4 %).  Kandidat lain di bawah 10%  ada nama-nama seperti Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantyo, Moh. Mahfud MD, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Erick Thohir, Tito Karnavian, Muhaimin Iskandar, dan Budi Gunawan.

Tags: , ,