Polisi Berkamera Bakal Pantau Pelanggar Lalu Lintas di Jateng

Polisi Berkamera Bakal Pantau Pelanggar Lalu Lintas di Jateng

Sesuai rencananya, Polda Jawa Tengah dalam penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik bulan ini tidak hanya mengandalkan kamera yang terpasang di titik tertentu.

Aparat kepolisian juga akan menggunakan kamera mobile dengan action cam yang dipasang di helm polisi lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kombes Pol Rudy Syafirudin selaku Dirlantas Polda Jateng pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin.

Rudy menjelaskan bahwa ETLE di Jateng akan berlaku mulai tanggal 17 Maret 2021.

Pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin, Rudy mengatakan, “Persiapan, ETLE 17 Maret launching ada 27 titik kamera. Kita akan ajukan 50 titik lagi. Harapkan seluruh Jateng penindakannya lewat IT”.

Dalam tilang elektronik tersebut untuk kamera pengawas ada 21 CCTV dan 6 speedcam.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan setiap anggota polisi lalu lintas yang mengendarai motor akan memakai helm yang dilengkapi action cam.

Ia menuturkan, “Setiap anggota yang pakai roda dua (memakai helm berkamera), mobile. Kita ingatkan masyarakat kalau ada petugas berkamera jangan sampai melanggar. Dia akan langsung foto di kamera”.

Dengan kamera tersebut maka pelanggaran akan terekam dan petugas akan memperingatkan pelanggar.

Sementara itu, untuk tilangnya akan dilakukan dengan sistem elektronik sehingga petugas akan memasukkan data ke sistem ETLE.

Rudy mengungkapkan, “Anggota melakukannya patroli, pelanggar diingatkan pelanggarannya dan sampaikan sudah ditilang lewat kamera di helm. Saat anggota pulang nanti tugasnya kirim (hasil rekaman kamera) ke ETLE. Setelah dikirim ke aplikasi kami nanti akan verifikasi, kemudian akan kirim (pemberitahuan ke pelanggar)”.

“Selain menghemat, kita juga memintarkan masyarakat secara permanen. Kalau melanggar pasti datang surat. Kalau 3 kali tidak direspon, STNK diblokir, bisa termasuk SIM,” pungkasnya.

Pihaknya juga berharap dengan upaya-upaya tersebut masyarakat jadi semakin paham untuk mematuhi aturan lalulintas dan selamat dalam berkendara.

Tags: , ,