Polisi Periksa Pengendara Motor yang Terobos Penjagaan Paspampres

Polisi Periksa Pengendara Motor yang Terobos Penjagaan Paspampres

Seperti yang diketahui, video mengenai anggota Paspampres yang menendang pengendara motor gede (Moge) lantaran melintasi belakang Istana Keperesidenan, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat pada Minggu (21/2/2021) lalu viral di sosial media.

Dalam video yang viral itu terlihat sejumlah pengendara motor diketahui menerobos kawasan ring 1, pada waktu yang bersamaan sejumlah petugas Paspampres tengah melaksanakan pengamanan instalasi di kawasan kantor Wakil Presiden.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @bodatnation di media sosial terlihat beberapa pengendara sepeda motor yang sedang melakukan sunday morning ride (sunmori) memacu kendaraannya melewati Jl Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat dan mengeluarkan suara bising

Lokasi tersebut masuk dalam area Ring 1, di mana area tersebut mendapat pengamanan yang ketat karena terdapat gedung-gedung penting, seperti Istana Negara, Sekretariat Negara, dan Kantor Wakil Presiden RI.

Baca Juga:  Lia Eden Meninggal Dunia, Ini Jejak Kontroversialnya

Petugas yang melihat kejadian itu langsung mengejar dan meminta para pemotor berhenti.

Terkait dengan peristiwa tersebut, pihak kepolisian akan menjadwalkan pemanggilan kepada pengendara motor yang bersangkutan.

Pada hari Senin (1/3/2021), AKBP Fahri Siregar selaku Kepala Sub Direktorat Penindakan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Polda Metro Jaya mengatakan, “Iya kami sudah layangkan undangan hari Sabtu. Dan dia sanggupi datang (Senin ini)”.

Tetapi, Fahri belum mengetahui pasti terkait dengan jadwal pemeriksaan pengendara sepeda motor tersebut.

Pemeriksaan tersebut untuk mengklarifikasi terkait peristiwa penerobosan oleh rombongan sepeda motor tersebut di ring 1 Istana Kepresidenan.

Fahri menjelaskan, “Pokoknya dia datang hari ini. Saya tidak tahu datang jam berapa, kami tunggu saja. Pemanggilan ya untuk klarifikasi saja”.

Baca Juga:  Polri Duga Kebakaran Balongan Dipicu Kelalaian

Sebelumnya, Mayjen TNI Agus Subiyanto selaku Komandan Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres) menjelaskan bahwa Paspampres berhak melumpuhkan kendaraan yang menerobos kawasan ring 1 yang tengah ditutup petugas.

Agus menuturkan, “Hal ini tertuang dalam Buku Petunjuk Teknis Pam Instalasi VVIP yang disahkan oleh Keputusan Panglima TNI tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP”.

Tags: , ,