Polres Karanganyar Pasang 15 CCTV Untuk Terapkan Tilang Elektronik

Untuk menindak pelanggaran lalu lintas secara elektronik, Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar segera menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Persiapan awal yakni dengan memasang sebanyak 15 CCTV di jalan raya.

Pada hari Jumat (5/3/2021) kemarin, AKP Sarwoko -Kasatlantas Polres Karanganyar- menuturkan, “Polres Karanganyar merupakan salah satu dari 10 Polres di wilayah Polda Jateng yang akan menerapkan program ETLE, karena itu kami persiapkan terlebih dahulu perangkatnya”.

Diketahui sebelumnya, Polres Karanganyar telah memasang kamera CCTV di simpang empat Nglano atau Kongan, Tasikmadu.

Dalam penerapan ETLE tersebut, Polres Karanganyar juga akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar.

AKP Sarwoko menjelaskan, “Kita akan memasang kamera CCTV di sepanjang jalur Lawu untuk memantau arus lalu lintas. Dishub akan kita gandeng sehingga terkoneksi dengan Sat Lantas. Nanti akan kita komunikasikan dulu”.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Pihaknya juga menambahkan, bahwa Satlantas Polres Karanganyar akan melakukan evaluasi satu titik kamera CCTV dulu yang telah terpasang di simpang empat Nglano.

“Prinsipnya kita tetap mendukung dan akan menerapkan program ETLE. Berbagai persiapan telah kita lakukan. Terutama untuk penambahan sarana dan prasarana pendukung”, ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, sesuai rencananya, Polda Jawa Tengah dalam penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik bulan ini tidak hanya mengandalkan kamera yang terpasang di titik tertentu.

Aparat kepolisian juga akan menggunakan kamera mobile dengan action cam yang dipasang di helm polisi lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kombes Pol Rudy Syafirudin selaku Dirlantas Polda Jateng pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin.

Baca Juga:  Anindya Bakrie Bertemu Gibran, Bahas Apa?

Rudy menjelaskan bahwa ETLE di Jateng akan berlaku mulai tanggal 17 Maret 2021.

Pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin, Rudy mengatakan, “Persiapan, ETLE 17 Maret launching ada 27 titik kamera. Kita akan ajukan 50 titik lagi. Harapkan seluruh Jateng penindakannya lewat IT”.

Tags: , ,