Polresta Solo Perketat Razia Knalpot Bising

Polresta Solo Perketat Razia Knalpot Bising

Kompol Adhytia Warman selaku Kasatlantas Polresta Solo menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang gencar melakukan kegiatan razia knalpot yang dinilai meresahkan masyarakat.

Untuk informasi, aturan kebisingan knalpot ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009.

Dalam aturan tersebut dijelaskan, bahwa tingkatan kebisingan untuk motor kapasitas 80cc hingga 175cc adalah maksimal 83 dB dan di atas 175cc maksimal 80 dB. (dB=Decibel/satuan keras suara).

Untuk ketentuan tentang aturan knalpot, pihaknya menambahkan bila knalpot tidak sesuai dengan ketentuan aturan akan segera ditindak.

Knalpot yang digunakan tidak boleh melebihi 80 desibel sesuai dengan alat ukur kepolisian dan apabial melebihi akan langsung dilakukan penilangan.

Melansir kompascom, Adhytia menyampaikan, “Penindakan atau razia knalpot di Kota Solo akan kami perketat, mulai saat ini kita tidak hanya melakukan operasi hanya pada Sabtu malam, kalau diperlukan tujuh hari dalam seminggu kita akan melakukannya”.

“Kita menghindari sekali untuk berdebat di lapangan, jadi setiap anggota yang bertugas kita bekali alat untuk mengukur desibel”, tambahnya.

Pada razia hari Sabtu (20/3/2021) kemarin, Satuan Lalu Lintas Polresta Solo berhasil menyita ratusan sepeda motor berknalpot brong atau tidak sesuai spesifikasinya dalam Operasi Knalpot Brong di Mako 2 Jalan Slamet Riyadi Gendengan Solo.

Total ada sebanyak 205 kendaraan berknalpot brong yang berhasil diamankan dalam operasi tersebut.

Para pengendara yang terjaring operasi lantaran membawa kendaraan knalpot bising pun dikenakan sanksi tilang.

Sepeda motor juga ditahan hingga pemilik kendaraan itu menggantinya dengan knalpot standar pabrikan.

Tags: , ,