Polresta Solo Siapkan 7 Kamera Pengawas Tilang Elektronik

Polresta Solo Siapkan 7 Kamera Pengawas Tilang Elektronik

Satlantas Polresta Solo saat ini telah menyiapkan sebanyak 7 kamera untuk sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Namun, saat ini baru satu kamera yang telah dipasang.

Kamera yang telah terpasang tersebut sudah mulai diaktifkan untuk melakukan tilang elektronik.

Pada hari Selasa (23/03/2021), Kompol Adhytia Warman selaku Kasatlantas Polresta Solo mengatakan, “Serentak diterapkan di Indonesia. Di Jawa Tengah ada Kota Solo dan Semarang”.

Selain itu, Satlantas Polresta Solo juga telah memiliki enam kamera yang lain. Kamera seharga Rp 3 miliar tiap unitnya itu akan segera dipasang.

Adhytia menyebut bahwa pemasangan kamera itu tidak bisa dilakukan di sembarang tempat.

Pihaknya menjelaskan, “Salah satu pertimbangannya adalah lokasi yang banyak pelanggaran lalu lintas yang kasat mata”.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

Kasatlantas Polresta Solo itu menyampaikan bahwa saat ini masih berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk menentukan lokasi pemasangan kamera ETLE tersebut.

Menurutnya, kamera tersebut didesain untuk mampu mendeteksi setiap jenis pelanggaran.

Petugas National Traffic Management Centre (NTMC) bisa langsung melacak data kendaraan yang tertangkap kamera melakukan pelanggaran.

“Data kendaraan bisa diketahui dalam waktu satu detik,” tandasnya.

Menurutnya, selama ji coba ETLE di Solo, yang masih terpasang di persimpangan depan Solo Square akan berlangsung selama satu bulan ke depan. Pelanggar akan dikirim surat konfirmasi, tetapi belum dilakukan penindakan selama uji coba satu bulan itu.

Adhytia menambahkan, “Surat konfirmasi itu, pelanggar dikirimkan pelanggar untuk pemberitahuan pada hari dan waktu yang ditetapkan melakukan pelanggaran. Namun, yang bersangkutan belm dikenai tindakan selama uji coba”.

Tags: , ,