Polri Resmi Luncurkan Aplikasi Pelayanan SIM Online

Polri Resmi Luncurkan Aplikasi Pelayanan SIM Online

Korlantas Polri resmi meluncurkan pelayanan SIM online yakni dengan aplikasi SINAR.

Aplikasi yang perlu diunduh pemohon SIM bernama ‘Digital Korlantas Polri’. Di dalam aplikasi tersebut adalah pelayanan SIM Nasional Presisi atau SINAR.

Saat peluncuncuran hari Selasa (13/4/2021), Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono mengatakan, “Korlantas Polri telah membuat satu terobosan berupa pembangunan aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR yang dapat diakses secara online. Ini sebagai proses mengadopsi revolusi industry 4.0 menuju masyarakat 5.0 di tengah masa pandemi Covid-19”.

Untuk informasi, Digital Korlantas Polri merupakan portal aplikasi seluruh layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C (SINAR/SIM Nasional Presisi).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa di dalam aplikasi Digital Korlantas Polri, selain ada pelayanan perpanjangan SIM melalui Sinar, ke depannya juga akan ada pembuatan SIM baru.

Lalu Signal atau Samsat Digital Nasional, pembayaran pajak kendaraan bermotor (akan segera tiba), hingga electronic traffic law enforcement (ETLE).

Kapolri juga menambahkan, peluncuran layanan perpanjangan SIM secara online jadi salah satu cara untuk bisa memberikan pelayanan kepolisian yang semakin baik.

“Ke depan kami akan melanjutkan dengan terobosan-terobosan baru, terkait dengan pembuatan SIM baru, kemudian STNK, BPKB, ke depan akan kita launching,” katanya.

“Oleh karena itu dengan kesempatan ini, tentunya kami mohon koreksi dan masukan apabila masih ada hal yang kurang pas, yang tentunya harus kami perbaiki dalam perbaikan-perbaikan pelayanan kami, kami selalu siap untuk dikoreksi”, ungkapnya.

Tags: , ,