PPKM Mikro di Karanganyar Berjalan, PKL Jualan Hingga Larut Malam

PPKM Mikro di Karanganyar Berjalan, PKL Jualan Hingga Larut Malam

Seperti yang diketahui, sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di sekitar di Alun-alun dan Taman Pancasila, Karanganyar, telah kembali membuka usahanya secara normal, yakni mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Para pedagang tersebut berpikir bahwa aturan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid dua sudah selesai pada hari Senin (8/2/2021) lalu. Sehingga mereka kembali beroperasional seperti biasa.

Untuk informasi, pada sebelumnya selama PPKM jilid dua, para PKL hanya diizinkan berdagang mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Mariyono selaku koordinator Pedagang Alun-Alun menyampaikan bahwa rata-rata pedagang mulai berjualan pukul 15.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Pada hari Kamis (11/2/2021) kemarin, Mariyono mengatakan, “Ya karena tidak ada surat edaran susulan saat PPKM Mikro ini, kami berjualan normal seperti biasa. Yang dipahami PKL itu PPKM sudah selesai. Jadi kami mulai berjualan normal. Mulai jam 15.00 WIB hingga malam. Itu ada yang sampai jam 00.00 WIB kalau kuliner”.

Baca Juga:  Anindya Bakrie Bertemu Gibran, Bahas Apa?

Walaupun berjualan hingga larut malam, pihaknya memastikan bahwa PKL tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

PKL kuliner membatasi jumlah pembeli yang makan di warung. Dan kebanyakan pembeli pun memesan makanan untuk dibawa pulang.

Mariyono menjelaskan, “Ya kami berjualan normal tapi tetap patuh protokol kesehatan. PKL kuliner itu menyediakan tempat cuci tangan portabel. Rata-rata pembeli memilih membawa pulang makanan. Pembeli yang makan di tempat dibatasi”.

Sementara itu, Iriyanto selaku Koordinator Lapangan (Korlap) UKM Taman Pancasila Karanganyar juga menyampaikan hal yang sama.

Rata-rata PKL yang berlokasi tepat di depan rumah dinas Bupati Karanganyar tersebut mulai berjualan pukul 16.00 WIB-00.00 WIB. Tetapi, tidak semua PKL Taman Pancasila berjualan hingga larut malam.

Iriyanto menyebut bahwa hanya PKL kuliner yang berjualan hingga larut malam.

Baca Juga:  KAI Commuter Terbitkan Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo

Iriyanto menuturkan, “Kalau PKL lain yang tengah itu rata-rata sudah berkemas pukul 21.00 WIB. Kalau PKL kuliner itu tutup pukul 22.00 WIB. Ya kan aturan PPKM sudah rampung. Saat PPKM Mikro ini tidak ada aturan susulan”.

Pihaknya juga memastikan PKL Taman Pancasila menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama pandemi Covid-19.

Terpisah, Martadi -Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar- menyampaikan bahwa jam operasional PKL tetap sama seperti PPKM. Yakni mulai pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Martadi mengatakan, “Buka jam 16.00 WIB dan tutup jam 21.00 WIB. Masih sama dengan PPKM jilid dua. Tidak ada perubahan. Aturan masih sama”.

Pihaknya hanya mengingatkan tentang ketentuan bagi toko, pusat perbelanjaan yang diharapkan menyediakan tempat cuci tangan permanen.

Tags: , ,