Prabowo & Basuki Paling Top Dalam Urusan Belanja Kementerian

Prabowo dan Basuki Paling Top Dalam Urusan Ini

Kementerian Keuangan (KEMENKEU) mencatat bahwa realisasi belanja modal hingga paruh pertama 2020 telah meningkat menjadi Rp 37,7 triliun. Pencapaian ini meningkat 8,7% dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp34,7 triliun.

Dari laporan tengah tahunan tentang kinerja APBN ke Badan Anggaran RPR RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa belanja modal meningkat secara positif, didukung oleh percepatan pelaksanaan kegiatan di awal tahun oleh beberapa kementerian / lembaga (K / L) saat belum adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Beberapa kementerian / lembaga (K / L) yang mengeluarkan pengeluaran modal yang signifikan pada awal tahun adalah Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Di mana, realisasi biaya investasi PUPR mencapai Rp 17 triliun atau 38,5% dari pagu anggarannya.

Baca Juga:  KPK Lelang 11 Telepon Selular Rampasan Kasus Korupsi

Pengeluaran Kementerian PUPR sejak awal tahun ini sebenarnya telah terkonsentrasi terutama pada infrastruktur pembangunan jalan hingga irigasi.

Kedua, adalah Kementerian Pertahanan. Di mana, Kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto ini mencatatkan realisasi belanja modal sebesar Rp 6,2 triliun di paruh tahun ini.

Adapun realisasi belanja Kementerian Prabowo ini sudah mencapai 18,1% dari pagu anggaran yang ditetapkan. Belanja ini terutama dilakukan untuk peralatan mesin.

“Belanja peralatan mesin tumbuh positif karena ada almatsus dan alutsista,” kata Sri Mulyani.

Belanja modal terbanyak ketiga adalah Polri. Dimana belanja Polri terealisasi Rp 5,7 triliun atau 45,1% dari pagu anggarannya. Belanja ini difokuskan untuk mendukung penanganan Covid-19 terutama saat ada pembatasan sosial berskala besar.

Baca Juga:  Rekomendasi PB IDI Kepada Pemerintah Untuk Vaksinasi Covid-19

Keempat adalah Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan merealisasikan belanja modalnya Rp 3,3 triliun. Ini terutama karena penugasan membangun infrastruktur bersama dengan Kementerian PUPR.

Kelima adalah, Kementerian Agama yang belanja modalnya terealisasi Rp 1,3 triliun atau telah mencapai 38,1% dari pagu anggarannya.

Tags: , ,