Prambanan Jazz Tahun Ini Bakal Digelar Di Panggung Virtual

Prambanan Jazz Tahun Ini Bakal Digelar Di Panggung Virtual

Prambanan Jazz Festival yang sudah menjadi agenda tahunan musik Jazz, sempat ditunda beberapa bulan, dan berencana tetap digelar secara langsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun akhirnya agenda tersebut diadakan via daring atau secara online.

Hal ini didasari lantaran virus Covid-19 masih menjadi pandemi di tengah masyarakat.

Namun, agenda yang di promotori oleh Rajawali Indonesia tersebut tetap akan digelar pada hari Sabtu (31/10/2020), dan hari Minggu (1/11/2020) di pelataran Candi Prambanan dengan keputusan penonton hanya bisa melihat konser tersebut via online.

Dalam agenda kali ini juga tidak menghadirkan musisi dari luar negeri.

Tetapi acara tersebut akan menghadirkan sejumlah penyanyi besar Indonesia antara lain yakni Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata, dan Tompi pada Sabtu (31/10/2020).

Kemudian pada hari Minggu (1/11/2020) akan ada penampilan dari Andmesh, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen, dan Yura Yunita.

Baca Juga:  Jangan Menutup Diri Jika Positif Corona Virus, Corona Bukan Aib

Musikus Jakarta, Tompi, juga ikut menghidupkan panggung dengan menggarap visual broadcasting-nya.

Saat jumpa pers pada hari Kamis (2/10/2020) lalu, Anas Syarul Alimi selaku Founder Prambanan Jazz Festival menjelaskan bahwa hanya kru dan penyelenggara yang boleh keluar masuk venue. Sementara itu, masyarakat pencinta musik tanah air bisa menyaksikannya secara daring melalui sejumlah platform digital seperti Ikonser; channel Ikonser Usee TV (channel 459 SD | 949 HD), Ikonser Apps, dan Usee TV.

Untuk penjualan tiket online, refund dan informasi penting lainnya bisa dilihat melalui akun Instagram resmi mereka di @RajawaliIndonesia.

Anas menyatakan bahwa pelaksanaan acara dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Dimulai dengan melakukan rapid test sebelum acara, menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga:  Kasus RTH Pemkot Bandung, KPK Periksa Kabid Perusahaan Daerah Pasar Kota Bandung

Menurutnya, menyelenggarakan perhelatan ini tak mudah, proses panjang terkait perizinan penyelenggaraan harus dilalui demi terwujudnya konser daring tersebut.

Anas menyatakan, “Kami turut prihatin dengan terus melonjaknya angka kasus Covid-19, namun kami ingin tetap menghadirkan PJF 2020 di tengah keterbatasan. Dengan berat kami sampaikan kepada #PJFLovers jika PJF 2020 tidak akan hadir secara offline”.

Sementara itu, Tovic Raharja -Direktur Utama Rajawali Indonesia- menyampaikan bahwa Prambanan Jazz Virtual Festival untuk kali pertama menggandeng musisi asal Yogyakarta yang tergabung dalam The Everyday Band. Mereka mengaransemen dan membuat lirik lagu ke Prambanan Jazz.

Tovic menjelaskan, “Ini jadi upaya untuk terus mempromosikan Yogyakarta dan sebuah harapan untuk bisa menyaksikan Prambanan Jazz kembali secara langsung nantinya”.

Tags: , ,