Proses Evakuasi Pendaki Yang Jatuh Di Area Kawah Candradimuka Libatkan 80 Orang

Proses Evakuasi Pendaki Yang Jatuh Di Area Kawah Candradimuka Libatkan 80 Orang

Pada hari Minggu (19/7/2020) kemarin, Alam (31) pendaki asal DIY yang terperosok di area Kawah Candradimuka, Gunung Lawu, Karanganyar, berhasil dievakuasi.

Tim yang berjumlah 80 orang sukarelawan dari berbagai organisasi dan komunitas ambil bagian dalam operasi penyelamatan tersebut. Diantaranya adalah Basarnas Pos SAR Surakarta, AGL, KRI, Tim SAR Karanganyar, PMI Cabang Karanganyar, Reco, dan lain-lain.

Jumlah orang yang terlibat evakuasi pendaki jatuh di Gunung Lawu itu melibatkan cukup banyak orang, karena tim SAR gabungan itu harus bergantian saat menandu survivor.

Mengutip dari Solopos.com pada hari Minggu (19/7/2020) kemarin, Budi Santoso -Anggota Anak Gunung Lawu (AGL)- menuturkan, “Survivor dalam kondisi sadar. Tetapi tidak bisa diminta berjalan. Dia mengeluh pusing dan sempat muntah saat hendak dievakuasi dari dekat kali. Kami tidak bisa mengambil risiko meminta dia jalan sampai basecamp. Dia harus lekas sampai bawah dan mendapat perawatan”.

Baca Juga:  Ikut Cegah Covid-19, ISI Solo Ciptakan Tembang Dolanan

Ia mengaku bersyukur karena korban dalam kondisi sadar dan tidak mengalami patah tulang. Evakuasi terhadap korban lebih mudah. Tim TRC memutuskan mengevakuasi korban dengan cara naik tebing menuju pos 2.

Budi menambahkan, “Kami putuskan mengajak survivor naik melalui jalur dia jatuh. Ketinggian tebing itu ada 15-17 meter. Teman-teman memasang tali diikatkan pada pohon. Itu untuk pegangan. Survivor kami papah naik. Tiga orang mendorong survivor dari belakang lalu satu orang menjaga di depan. Kemiringan tebing 80-an derajat, nyaris tegak”.

Ia juga meyakinkan pendaki yang terperosok di area Kawah Candradimuka, Gunung Lawu, itu agar semangat dan naik ke pos 2 selama proses evakuasi. Beberapa kali survivor mengeluh pusing saat berupaya naik dari area dia jatuh ke pos 2.

Baca Juga:  Di Dalam Rumah Risiko Tertular Corona 10 Kali Lebih Tinggi

“Kami bersihkan luka dan menutup luka. Tim TRC membawa P3K. Sampai TKP itu korban sadar, dia ingat nama. Tetapi bingung kenapa dia berada di situ. Apakah dia jatuh atau bagaimana. Sampai pos 2, survivor diistirahatkan kemudian kondisinya dicek tim dari PMI”

Pukul 15.30 WIB korban sampai basecamp Cemara Kandang. Korban dibawa ke RSUD Karanganyar untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Basarnas Pos SAR Surakarta sudah menutup operasi gabungan penyelamatan pendaki yang terperosok ke kawah Candradimuka.

Tags: , ,