Proyek Rel Layang Joglo Segera Direalisasikan

Proyek Rel Layang Joglo Segera Direalisasikan

Setelah Flyover Purwosari diresmikan pada hari Sabtu (13/2/2021) kemarin, kini simpang kereta api di kawasan Joglo, Banjarsari, bakal direalisasikan.

Seperti yang diketahui, simpang kereta api Joglo memang terkenal sebagai salah satu titik kemacetan, selain itu jalur tersebut juga dilintasi kendaraan besar.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjanjikan bahwa proyek underpass Gilingan dan rel layang atau elevated rail Simpang Joglo bakal dikerjakan dalam waktu dekat.

Sementara itu, FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo menyampaikan bahwa berdasarkan usulan dan masukan elevated rail bakal mulai dari Stasiun Balapan.

Oleh karena itu, rel layang tersebut nantinya diharapkan mampu mengatasi kemacetan di Perlintasan Sebidang Gilingan dan Underpass Gilingan, serta Simpang Tujuh Joglo.

Baca Juga:  Proyek Masjid Kado Pangeran Arab Belum Mulai, Ini Penjelasan Gibran

Pada hari Senin (15/2/2021) kemarin, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu mengatakan, “Saat ini sedang lelang Manajemen Konstruksi (MK). Usulannya, mulai naik dari Stasiun Balapan itu, sehingga dari sana langsung dapat tiga, yakni Perlintasan Sebidang Balapan (Gilingan), Underpass Gilingan, dan Simpang Joglo. Harapannya itu aja. Mudah-mudahan. Karena mau dibuat seperti di Stasiun Gambir. Underpass itu lebih tinggi, jadi tinggal diuruk”.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa terkait anggaran, pembangunan rel layang jauh lebih murah dibandingkan overpass.

Rudy menjelaskan, “Anggaran enggak akan sebesar dibandingkan bikin overpass. Jelas mahal sekali kalau flyover, bentuknya bagaimana? Lebih baik keretanya yang melayang di atas jalan. Minimal tinggi relnya 4,8 meter. Mungkin kalau underpass bisa lebih dari 4,8 meter. Ya, ini kan lelang MK untuk mengarah ke pembuatan elevated rail. Kalau sudah lelang MK, artinya proyek bisa jalan. Harapan saya 2022, atau akhir 2021 mulai pembangunan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Tak Hanya Ketemu Gibran, Anindya Bakrie Juga Pantau Seleksi Pemain Persis Solo

Bila Simpang Tujuh Joglo dibuat overpass, maka lintasannya sangat rumit dan kendaraan berat terancam tak bisa melintas.

Seperti yang diketahui, jalan tersebut menjadi jalur distribusi barang dan jasa di Jawa Tengah dan rel layang Joglo tidak butuh pembebasan lahan dan dampak pembangunan di area sekitarnya tak banyak terasa.

Tags: , ,