PT LIB: Tak Mungkin Shopee Liga 1 Bisa Lanjut Februari

PT LIB: Tak Mungkin Shopee Liga 1 Bisa Lanjut Februari

PT Liga Indonesia Baru (LIB) merasa mustahil jika Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa digelar pada awal Februari mendatang.

Kebijakan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali diberlakukan pada 11-25 Januari 2021 mendatang.

Sehubungan dengan penerapan kebijakan tersebut hampir pasti membuat rencana kick-off Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 batal lagi.

Tanpa PPKM saja izin dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sudah susah didapat.

Ditambah Penerapan PPKM pada perjalanannya juga berpotensi diperpanjang sebagaimana yang pernah terjadi dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) skala nasional beberapa waktu lalu.

Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB menuturkan, “Sekarang ada peraturan pemerintah yang baru (PPKM), mungkin kepolisian sebagai bagian pemerintah pasti akan bersikap sejalan dengan aturan itu”.

Ia menambahkan, “Kami harus realistis, bukannya pesimistis ya, bahwa kepolisian tentu tak akan mengeluarkan izin saat kondisi sedang diperketat di tengah kondisi pandemi yang naik ini”.

Baca Juga:  Inilah Peta 11 Zona Merah Covid-19 di Jawa Tengah

Guna merespons hal tersebut, PT LIB pun akan memanggil para pemilik klub. Agenda bernama Owner’s Meeting itu akan digelar secara virtual pada 22 Januari mendatang.

PT LIB ingin mendengar pendapat para pemilik klub apakah Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 masih perlu dilanjutkan atau tidak.

Apapun keinginan klub itu nantinya akan dilaporkan PT LIB ke PSSI sebagai bahan pertimbangan untuk dibahas di rapat Komite Eksekutif (Exco).

Dikabarkan sebelumnya, pihak PSSI akan menggelar rapat Exco guna memutuskan terkait nasib kompetisi.

Agenda rapat Exco PSSI itu sudah dipastikan mundur dari rencana semula yang sedianya digelar pertengahan awal tahun ini karena menunggu Owner’s Meeting PT LIB lebih dahulu.

Baca Juga:  PPKM Sebagian Jawa-Bali Akan Diperpanjang 2 Pekan

PT LIB berharap bahwa PPKM di Jawa-Bali hanya berlangsung sampai 25 Januari saja alias tak diperpanjang.

Dengan begitu, kelanjutan atau musim kompetisi baru setidaknya bisa digelar pada Bulan Maret.

Lukita mengatakan, “Kalau andaikan izin kepolisian keluar setelah tanggal 25 Januari (batas akhir PPKM Jawa-Bali), tidak mungkin liga dimulai 1 Februari. Tidak mungkin juga 25 Februari (1 bulan setelah PPKM)”.

Ia menjelaskan, “Nanti dalam pertemuan klub-klub (Owner’s Meeting) kan pasti ada masukan. Kira-kira kalau izin sudah keluar klub butuh persiapan berapa lama. Bisa saja nanti misalnya klub bilang butuh persiapan dua bulan. Kalau 1 bulan persiapan, berarti awal Maret sudah bisa karena persiapannya lebih cepat”.

Tags: , ,