PTM Dibuka Juli, Gibran Minta Orangtua Kawal Anaknya Saat Sekolah

PTM Dibuka Juli, Gibran Minta Orangtua Kawal Anaknya Saat Sekolah

Terkait dengan rencana pembelajaran tatap muka (PTM) sekolah yang akan dibuka kembali pada Juli 2021 mendatang, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta kerja sama orangtua untuk mengawal anak-anaknya.

Seperti yang diketahui, rencana pembukaan kembali PTM sekolah tersebut adalah sesuai dengan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Pada hari Jumat (5/3/2021) kemarin, Gibran mengatakan, “Saya mohon kerja sama orangtua nanti ketika sudah mulai masuk bulan Juli saya mohon sekali anak-anak tetap dikawal. Artinya diantar jemput untuk memastikan anak ketika datang dan pulang dalam keadaan sehat”.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menambahkan bahwa pembelajaran tatap muka ini nantinya belum bisa diterapkan 100 persen, artinya dibatasi 50 persen daring dan 50 persen tatap muka.

Baca Juga:  Proyek Masjid Kado Pangeran Arab Belum Mulai, Ini Penjelasan Gibran

Selain itu, selama proses PTM sekolah berlangsung harus tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan ketat.

“Anak ketika badannya tidak fit tidak perlu dipaksakan untuk masuk (sekolah tatap muka). Tetap bisa ikut secara daring”, ungkapnya.

Gibran juga mengungkapkan bahwa percepatan program vaksinasi terus dilakukan. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah menyiapkan kuota vaksin untuk para guru.

“Segera kita vaksin. Ini sudah kita siapin untuk guru dan staf. Karena targetnya Juli harus benar-benar masuk sekolah,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, mulai hari Selasa (9/3/2021) mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Solo berencana akan menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) bagi sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Etty Retnowati selaku Kepala Disdik Solo menjelaskan bahwa simulasi PTM tersebut sebagai persiapan untuk mengikuti rencana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembukaan sekolah tatap muka pada bulan Juli mendatang.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

Untuk informasi, simulasi PTM SMP tersebut akan diikuti sebanyak 23 sekolah. Data sekolah tersebut sebelumnya dinilai paling siap berdasarkan penilaian pengawas di wilayah masing-masing.

Tags: , ,