PTM Kota Solo Siap Digelar Pada Pekan Depan

PTM Kota Solo Siap Digelar Pada Pekan Depan

Dwi Ariyanto selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo memastikan bahwa pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo tidak ditunda lagi.

Hal itu disampaikan oleh Dwi untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan yang membahas bahwa PTM di Solo ditunda karena perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (9-22/3/2021).

Pada hari Rabu (10/3/2021) kemarin, Dwi mengatakan, “Lebih tepatnya bukan penundaan kita sedang melakukan penataan jadwal terkait dengan kesiapan di 23 sekolah”.

Ia menjelaskan bahwa dalam rencananya selama dua pekan, yang dimulai dari hari Senin (15/3/2021), pihaknya akan memulai melakukan PTM pada tiga sekolah yang sudah melaksanakan simulasi PTM November 2020 lalu.

Lalu selanjutnya pada awal bulan April setelahnya akan diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain.

Baca Juga:  Kapan Kuota Gratis Kemendikbud Cair?

“Tidak adanya zona merah dan oranye di Kota Solo, memungkinkan kita untuk melakukan perencanaan. Kita sudah melaporkan kepada Wali Kota dan beliau juga sudah melihat bagaimana teknisnya di lapangan”, ungkapnya.

Pekan ini pihaknya sedang membuat nota dinas laporan permohonan ijin termasuk laporan ke Satgas Covid Kota Solo.

Bila mendapatkan ijin PTM sudah bisa dilaksanakan Senin minggu depan.

“Jika dalam dua pekan PTM di tiga sekolah ini berjalan dengan lancar, kita akan lakukan percepatan. Kita akan lanjutkan fase kedua dengan menambah durasi waktu belajar di sekolah menjadi 5 jam,” terangnya.

Dwi menambahkan bahwa pihaknya tidak berani untuk melakukan proses PTM serentak sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat Juli nanti.

Baca Juga:  Dishub Solo: Transportasi Dalam Kota Tetap Jalan

“Lebih mudah dengan menggunakan metode secara bertahap, jadi progress PTM di era new normal terpantau dan terkendali jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Seperti yang diketahui,rencana pembukaan kembali PTM sekolah tersebut adalah sesuai dengan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Mendikbud telah menargetkan vaksinisasi untuk tenaga pendidikan di Indonesia bisa rampung pada bulan Juni 2021. Dengan begitu, proses belajar mengajar tatap muka bisa digelar pada Juli 2021, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Tags: , ,