Publik Twitter Kecam Rihanna Karena Lecehkan Hadis Suci

Rihanna menjadi trending di media sosial Twitter karena aksinya yang telah melecehkan Islam melalui acaranya peragaan busana pakaian dalam tahunan, Savage X Fenty yang kali ini digelar secara virtual akibat masa pandemi.

Rihanna dituduh melecehkan Islam karena dirinya melantunkan lagu yang mengadung hadis Qur’an yang diyakini oleh umat Islam sebagai ayat sakral. Beragam kritik dilontarkan melalui media sosial Twitter yang beranggapan bahwa tidak seharusnya Rihanna menggunakan petikan hadis tersebut dalam acara peragaan busana pakaian dalam.

Dalam video yang beredar, deretan model seksio terlihat memeragakan pakaiannya dan menari dengan lagu berbahasa Arab. Berbagai sumber menyebutkan jika lagu remix tersebut berjudul “Doom” yang dirilis empat tahun lalu. Sedangkan hadis yang digunakan adalah penjelasan Nabi Muhamad SAW mengenai hari kiamat.

Baca Juga:  Kemendikbud Sebut 123 Mahasiswa Positif Covid-19 Pasca Demo UU Cipta Kerja

Ada yang menyebutkan bukanlah pertama kali Rihanna menggunakan lagu “Doom” untuk peragaan busana. Pada tahun 2017, pencipta lagu “Doom,” Coucou Chlo, mengatakan jika lagu tersebut pernah dipakai untuk parade busana Fenty x Puma.

Netizen dengan nama akun @mor_gan9, menuliskan kecaman terhadap Rihanna dengan mengatakan “shame on you! you must respect our religion!” (Memalukan!! Hormatilah agama kami!)

Kemudian ada akun dari @kookdice yang mengatakan “as a muslim, no words can describe how disappointed I am with Rihanna for letting her models dance to hadith. Hadith are the sacred words of our prophet, you can’t just use it for your lingerie show. disgusting and extremely disrespectful” (Sebagai seorang muslim, tidak ada kata-kata yang bisa menjelaskan betapa kecewanya aku dengan Rihanna yang membiarkan modelnya menari seronok dalam ayat hadis yang dilantunkan. Hadis itu kata-kata nabi yang sakral, tidak pantas jika digunakan dalam acara seperti  peragaan busana pakaian dalam. Menjijikan dan sangat melecehkan)

Baca Juga:  Pemkot Surakarta Beserta Elemen Masyarakat Serukan Anti Kekerasan dalam Beraspirasi

Rihanna sebelumnya mendapat pujian karena menampilkan model berhijab dalam iklan brand-nya. Karena itu beberapa netizen mengatakan jika wanita 32 tahun tersebut mungkin tidak bermaksud atau tidak tahu bahwa lagu “Doom” dalam fashion show Savage X Fenty bermaksud menyinggung umat Islam.

Kendati demikian, masih banyak orang yang berharap Rihanna melakukan permintaan maaf. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi apapun dari pelantun “We Found Love” tersebut.

Tags: , ,