Puluhan Siswa di Wonogiri Tak Datang Uji Swab Jelang Simulasi PTM

Puluhan Siswa di Wonogiri Tak Datang Uji Swab Jelang Simulasi PTM

Pada hari Kamis (5/11/2020) kemarin, ratusan siswa, guru, dan karyawan yang akan terlibat dalam kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SMKN 2 Wonogiri dan SMAN 2 Wonogiri menjalani uji swab.

Namun, sebagian siswa tidak datang mengikuti tes swab diduga karena takut.

Gunarsi -Plt Kepala SMKN 2 Wonogiri menjelaskan bahwa sebanyak 130 guru dan karyawan menjalani uji swab. Menurutnya, semua guru dan karyawan proaktif untuk diambil sampelnya.

Gunarsi menuturkan, “Semuanya bersedia di-swab. Bisa dilihat juga teman-teman saat ini bersemangat semuanya”.

Seperti yang diketahui, tidak hanya mereka yang di-swab kemarin, belum lama ini sebanyak 14 guru atau karyawan juga telah menjalani uji swab karena memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Tetapi, hasil swab belasan orang tersebut dinyatakan negatif virus Covid-19.

Gunarsi menjelaskan, “Oktober akhir mereka di-swab. Yang di-swab saat ini sisanya yang belum di-swab“.

Baca Juga:  Antisipasi Erupsi Merapi, DPUPR Boyolali : Kondisi Jalur Evakuasi Sudah Bagus

Dari pihak siswa yang menjalani uji swab tercatat sebanyak 90 orang, yang terdiri dari lima jurusan. Setiap jurusan akan diwakili oleh 18 siswa saat simulasi PTM.

Ia menambahkan, “Ada tiga siswa yang tidak hadir, tapi sudah dicarikan penggantinya. Sudah di-swab juga”.

Seluruh siswa yang mengikuti simulasi PTM tersebut yakni kelas XI. Menurutnya, hal itu akan berguna untuk bekal praktik kerja industri.

Gunarsi menambahkan bahwa siswa yang bakal mengikuti simulasi PTM berasal dari kecamatan zona aman. Tidak ada murid ataupun guru yang berasal dari zona Merah Batuwarno.

Sementara itu, Sumanto -Kepala SMAN 2 Wonogiri- menjelaskan bahwa terdapat 47 guru dan 8 karyawan tata usaha yang menjalani uji usap.

Dari 72 siswa yang rencananya akan mengikuti simulasi PTM, hanya 40 siswa saja yang menjalani uji swab.

Sumanto mengatakan, “Dari 72 orang, yang datang hanya 40 orang. Sisanya ada yang takut. Kami sedang konfirmasi, yang tidak datang ini mengundurkan diri atau ada alasan lain”.

Baca Juga:  Jokowi Sebut Kasus Aktif dan Kesembuhan Covid-19 Memburuk Semuanya

“Kami akan konfirmasi dulu kepada mereka. Yang kami undang itu yang bersedia di-swab. Yang tidak bersedia di-swab, itu tidak kami undang”, tambahnya.

Di sisi lain, Adhi Dharma selaku Kepala Dinkes Wonogiri menerangkan bahwa uji swab kepada semua warga sekolah yang terlibat dalam simulasi PTM ditujukan untuk memastikan semuanya dalam kondisi tidak terpapar Covid-19.

“Artinya diawali dari semuanya dalam kondisi yang baik. Kami tidak mau kalau tidak ada identifikasi awal dalam proses pembelajaran, walaupun saat ini yang akan dilakukan masih simulasi. Kami awali dengan baik. Jangan sampai kita kecolongan,” ujarnya.

Tags: , ,