Puncak Musim Hujan Januari-Februari, BPBD Solo Himbau Warga Waspada

Puncak Musim Hujan Januari-Februari, BPBD Solo Himbau Warga Waspada

Menyusul perkirakan puncak musim hujan pada Januari-Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Solo mengimbau warga untuk waspada bencana.

Untuk informasi, Jawa Tengah menjadi salah satu daerah di Indonesia yang berpotensi terus diguyur hujan lebat selama Januari-Februari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa puncak bencana akibat cuaca buruk itu akan terjadi pada medio bulan tersebut.

Toto Sumakno selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo menyampaikan bahwa Solo termasuk daerah yang bercurah hujan tinggi.

Namun, potensi bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung tidak setinggi daerah lain di Soloraya.

Pada hari Minggu (24/1/2021) kemarin, Toto mengatakan, “Solo termasuk aman. Kombinasi hujan dan angin terkadang bikin pohon tumbang. Kami sudah menyiapkan tim yang ready on call untuk menghadapi situasi tersebut, 24 jam terus siaga”.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

Ia juga menyampaikan bahwa BPBD sudah menyiapkan alat pelindung diri (APD), lengkap dengan peralatan, logistik, gergaji mesin, dan sebagainya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo pada kunjungannya ke Solo pada hari Selasa (19/1/2021) lalu, menyampaikan bahwa terus bersiaga menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi.

Bencana itu baik banjir, angin kencang, maupun tanah longsor. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus mendata lokasi berikut kondisi geologinya.

Tidak hanya itu saja, Jateng juga masih terus bersiaga menghadapi potensi letusan Gunung Merapi.

Ganjar menuturkan, “Kami siaga terus setiap hari. Insyaallah kami siap. Kami juga sering cek Merapi”.

Terkait anggaran bencana, pihaknya mengaku telah menyiapkan dana yang cukup.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Namun, ia enggan menyebut jumlah yang disiapkan.

“Anggaran disiapkan terus, (jumlahnya) banyak”, kata Ganjar.

Tags: , ,