Pura Mangkunegaran Solo Bakal Direstorasi

Pura Mangkunegaran Solo Bakal Direstorasi

Untuk merestorasi bangunan Pura Mangkunegaran yang sudah rusak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggelontorkan dana pada tahun ini.

Nilai pagu anggaran untuk memperbaiki bangunan tersebut mencapai angka Rp 18 miliar.

Supriyanto Waluyo selaku Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Mangkunegaran menyampaikan bahwa restorasi meliputi bangunan Ndalem Ageng, Pringgitan, sebagian kecil Pendopo.

Lalu Ndalem Prangwedanan bagian utara, Rekso Pustoko, dan lansekap.

Mengutip dari solopos pada hari Senin (29/3/2021) kemarin, Supriyanto mengatakan, “Proyek ini sedianya dilakukan tahun lalu tapi karena pandemi Covid-19 ada refocussing anggaran. Perbaikan bangunan baru dilakukan tahun ini. Sekarang sedang tahap lelang proyek”.

Ia menyebut bahwa seluruh bangunan Pura Mangkunegaran Solo yang akan diperbaiki sudah rusak termakan usia.

Supriyanto juga menambahkan bahwa Ndalem Ageng, Pringgitan, dan Pendopo merupakan bangunan utama Pura Mangkunegaran.

Ndalem Prangwedanan merupakan ruang untuk latihan tari dan karawitan. Ruang tersebut sebagai ruang putra mahkota yang terakhir dipakai putra Mangkunagoro VIII.

Sedangkan untuk Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran Solo merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi sekitar 25.000 judul buku untuk kegiatan literasi dan penelitian.

“Bangunan akan diperbaiki seperti semula. Kami hanya terima jadi. Untuk saluran air akan disesuaikan dan akan ada penataan taman,” tuturnya.

Perbaikan bangunan kawasan Pura Mangkunegaran merupakan proyek multiyears sejak 2015 dan Pura Mangkunegaran berusaha meminta bantuan kepada pemerintah pusat sejak sekitar 2010.

Ia juga menyampaikan bahwa bangunan yang belum pernah mendapatkan sentuhan perbaikan hanya rumah dinas abdi dalem.

Bangunan tersebut sudah tidak kayak ditempati. Ia berharap restorasi berlanjut tahun depan.

Tags: , ,