Putuskan Rantai Re-eleksi, Joe Biden Menang Pilpres AS

Joseph Robinette Biden Jr. resmi terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) yang ke-46 dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020 setelah mengalahkan Donald Trump, Presiden AS yang masih aktif dari partai Republican. Dikenal dengan nama Joe Biden yang merupakan kandidat dari partai Demokrat, menjadi kandidat ketiga sejak perang dunia II yang berhasil mematahkan terpilihnya kembali Presiden AS yang aktif di periode sebelumnya.

Biden memperoleh suara electoral sebanyak 290, sedangkan lawannya, Trump hanya mendapatkan 214 electoral. Jumlah minimal suara electoral untuk memenangkan pilpres adalah 270. Biden juga memperoleh suara popularitas jauh lebih banyak dari Trump, yaitu sejumlah 75,1 juta suara, sedangkan Trump hanya memperoleh suara popularitas sebanyak 70,8 juta suara.

Hasil pilpres ini akhirnya muncul pada hari Sabtu, (07/11/2020) waktu setempat setelah negara bagian Nevada, yang merupakan daerah swing state dengan 6 electoral suara memenangkan Biden. Kemudian diikuti oleh negara bagian lain, seperti Arizona, Michigan, Pennsylvania dan Wisconsin. Hasil ini muncul setelah 4 hari dari digelarnya Pilpres, yaitu pada tanggal 03 November dan menjadi penghitungan suara terpanjang yang pernah terjadi.

Baca Juga:  Digelar 3 Desember 2020 Mendatang, Apa Beda Debat Kedua Gibran-Teguh Vs Bajo?

Selain berhasil mencetak sejarah kembali dengan mengalahkan Presiden terpilih, wakilnya, Kamala Harris, menjadi Wakil Presiden AS wanita dengan warna kulit gelap keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih sepanjang sejarah politik AS.

Biden yang bulan ini genap berumur 78 tahun juga menjadi Presiden AS terpilih dengan usia tertua yang akan menempati Gedung Putih selama 4 tahun kedepan. Melansir dari situs BBC.com, dalam pidato kemenangannya, Biden berpesan bahwa ini saatnya bagi Amerika untuk bersatu dan bersama-sama memulihkan situasi. Dia juga berjanji untuk mengembalikan kembali kenormalan politik yang ada di AS.

Mantan Presiden AS, Barack Obama yang merupakan rekan sekerja Biden saat menjadi Wakil Presiden selama 2 periode, memberikan ucapan selamat. Obama mengatakan bahwa mantan rekan kerjanya di Gedung Putih selama 8 tahun itu akan bekerja dengan baik dan sepenuh hati melayani Warga AS.

Baca Juga:  Tahapan Pilkada Solo Sesuai Prokes, Penerapannya Tetap Dievaluasi

Sementara itu, Presiden AS yang masih aktif, Donald Trump sebelumnya mendeklarasikan dirinya sebagai pemenang meski dalam perolehan electoral sementara dirinya masih kalah dari Biden. Dia juga mengatakan bahwa penghitungan dilakukan secara curang dan akan mengajukan banding ke Mahkamah Agung.

Pilpres 2020 di AS ini dilakukan ditengah-tengah masa pandemi Covid-19 yang belum usai dan AS sendiri menjadi negara dengan kasus tertinggi di dunia.

Tags: , ,