Rapat Marathon Pemkot Solo Tentang Program Prioritas Gibran-Teguh

Rapat Marathon Pemkot Solo Tentang Program Prioritas Gibran-Teguh

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di bawah kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, tengah merancang Program Prioritas (Quick Wins) dan Program Kerja 2021-2026.

Program prioritas dibahas selama 4 hari bersama dinas terkait di Balai Kota pada 15-18 Maret 2021.

Pada hari Rabu (17/3/2021), Gibran mengatakan, “Ada delapan program prioritas yang harus kita pahami, koordinasikan dan implementasikan dengan benar agar tercapai sesuai target”.

Salah satu fokus pada program prioritas tersebut adalah pada sektor Pendidikan dan Kesehatan, Pariwisata dan Industri Kreatif.

Gibran menekankan, bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Ia menyampaikan, “Juli nanti kita sudah memulai pembelajaran tatap muka. Sebelum itu harus dipastikan guru-guru mendapatkan vaksin kedua. Sosialisasi ke orang tua harus digencarkan agar tidak ada rasa takut”.

Terkait dengan fokus pada bidang olah raga, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, “Anak Solo harus dibina sebaik mungkin di sekolah khusus olahraga. Ada yang menginduk di Bhayangkara Solo FC dan Persis Solo. Solo ini banyak memiliki fasilitas olahraga, baik indoor maupun outdoor. Ini bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin”.

Delapan prioritas tersebut di antaranya, bangkit dari Pandemi Covid-19 dengan memastikan keseluruhan program pemerintahan, termasuk quick wins pada tahun pertama, untuk pemulihan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat dan kesehatan.

Kemudian program Penggalian Sumber Pendapatan, Pendapatan Daerah dan Pembiayaan Pembangunan. Dilanjutkan program di bidang Pendidikan dan Kesehatan dengan penyelenggaraan wajib belajar 12 tahun melalui jalur pendidikan formal, non formal dan informal.

Menyinggung program prioritas bidang pariwisata dan industri kreatif, bidang pembinaan pemuda dan olahraga, Gibran menjelaskan bahwa Pemkot akan memprioritaskan pengembangan sport tourism dan wellness tourism.

Ahyani selaku Sekretaris Daerah Kota Solo mengungkapkan bahwa Gibran-Teguh telah telah menjadikan masalah pendidikan serta kesehatan menjadi program prioritas selama lima tahun ke depan.

Hal tersebut tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang menjadi masalah dunia.

Dalam bidang kesehatan, Pemkot Solo akan terus melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat.

Saat ini vaksinasi di Solo sudah mencapai tahap II yang menyasar pekerja pelayanan publik, pedagang pasar serta lansia.

Terdapat program prioritas dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan.

“Diharapkan Solo bisa memiliki Center of Disease Control (CDC) yang bisa dijadikan tempat studi dan laboratorium penelitian,” tutur Ahyani.

Pemkot Solo juga merencanakan bakal mengembangkan RSUD Bung Karno menjadi sebuah rumah sakit herbal.

Mereka juga berencana akan membangun beberapa RSUD lain di beberapa lokasi.

Untuk bidang pendidikan, Pemkot Solo akan melanjutkan pembangunan gedung yang saat ini tengah berlangsung. Mereka juga berencana untuk membangun sekolah khusus olahraga.

Tags: , ,