Ratusan Driver Ojol di Solo Jalani Vaksinasi Covid-19

Ratusan Driver Ojol di Solo Jalani Vaksinasi Covid-19

Pada hari Senin (22/3/2021) kemarin, sebanyak 500 pengemudi taksi dan ojek online (ojol) jalani vaksinasi di Pendapi Gede Balaikota Solo.

Vaksinasi tersebut sebagai langkah untuk mengendalikan virus Covid-19 di Kota Solo.

Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka juga meninjau langsung proses vaksinasi tersebut.

Siti Wahyuningsih selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengatakan, “Sasaran untuk vaksinasi ini ada 500 driver ojol dan taksi yang divaksin, kalau total di Solo itu jumlahnya di atas seribu orang. Dalam vaksin ini kita bekerjasama dengan salah satu perusahaan ojol dan Dinas Perhubungan”.

Ning, sapaan akrab Kepala DKK Solo tersebut, menyampaikan, “Vaksinasi ini kita lakukan kepada pengemudi angkutan online karena mereka ini termasuk kelompok beresiko untuk ditularkan dan menularkan, sehingga mereka harus kita berikan kekebalan dan kita lakukan bertahap, namun kami juga mengingatkan setelah vaksinasi para mitra Gojek juga harus patuh dengan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Kami sekaligus mengapresiasi Gojek dengan Inisiatif J3K-nya, itu sangat bagus dan itu yang kita harapkan, inisiatif tersebut membantu melindungi mitra dan pengguna, karena mereka juga beresiko siapa tau ada yang positif tanpa gejala,dan sekat pembatas juga memberikan ketenangan kepada para penumpang”.

Mereka yang divaksin merupakan pengemudi taksi dan di ojek online yang bertugas di Solo.

Jadi yang vaksin tidak hanya pengemudi yang berasal dari Solo tapi juga luar Solo.

“Ini yang beraktivitas dan berinteraksi dengan warga Solo. Jadi yang di vaksin dari luar Solo juga,” tambahnya.

“Jadi dibutuhkan kekebalan tubuh untuk mereka sebagai upaya mengantisipasi penularan. Jadi pengemudi tetap kita lindungi”, ungkapnya.

Sementara itu, Regional Operations Head Gojek Jabar, Banten, Jateng & DIY – Bambang Adi Wirawan menyampaikan, “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada Gojek untuk berkolaborasi dalam upaya pengentasan pandemi Covid-19 di Kota Surakarta.

Untuk informasi, vaksinasi yang diberikan hari ini oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta merupakan tahap pertama dari dua tahap vaksinasi yang akan diberikan bagi mitra-mitra Gojek lainnya di kota Surakarta. Tahap selanjutnya dari vaksinasi ini akan diberikan dua minggu dari vaksin pertama ini.

Tags: , ,