Ratusan Mahasiswa Karanganyar Berbondong-Bondong Urus KIP

Ratusan Mahasiswa Karanganyar Berbondong-Bondong Urus KIP

Ratusan mahasiswa pada Jumat (25/9/2020) mendatangi kantor Setda Karanganyar. Bukan untuk berdemo, mereka mendatangi kantor pemerintah daerah di Karanganyar untuk mengajukan Kartu Indonesia Pintar yang disebut KIP.

Mahasiswa Karanganyar datang setelah Bupati Karanganyar Juliyatmono memposting formulir permohonan Kartu Indonesia Pintar di media sosialnya beberapa waktu yang lalu. Langkah ini terbukti cerdas karena mengundang mereka yang memiliki akses Internet.

Zama Zafa Firdaus, 19, Mahasiswa Unisri Solo, warga Blumbang, Tawangmangu, mengaku mengajukan permohonan setelah mengetahui informasi di sosial media Bupati Karanganyar. Dia menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan dan berharap dapat meringankan ekonomi keluarga melalui bantuan ini.

“Saat ini kondisinya pandemi, ekonomi keluarga juga sedang tidak bagus. Makanya saya mengajukan ini agar bisa meringankan beban sekolah yang dikeluarkan oleh orang tua saya. Semoga saja dapat,” ujar dia ketika ditemui Espos di lokasi pengumpulan berkas.

Baca Juga:  Ekspedisi Gunung Chimborazo Malimpa UMS

Senada diungkapkan mahasiswa STIE AUB warga Jaten, Karanganyar, Ahmad Yanuar, 18, yang mengaku motivasi untuk mengajukan Kartu Indonesia Pintar atau KIP Mahasiswa lantaran ekonomi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, setelah mengumpulkan berkas, langkah selanjutnya hanya menunggu dihubungi untuk kepastian lolos atau tidaknya permohonan yang diajukan.

“Orang tua saya usahanya sedang terdampak. Saya ingin meringankan beban mereka. Setidaknya dengan KIP ini saya bisa membayar kuliah saya sendiri. Tidak membebani orang tua yang sudah kesulitan ekonominya. Semoga saja lolos, yakin dan berdoa saja,” kata dia.

Sedangkan berdasarkan informasi yang dihimpun, 139 data pengajuan sudah diproses hingga pukul 11.00 WIB. Seperti diketahui, pengumpulan berkas akan ditutup pada hari Jumat pukul 13.00 WIB.

Baca Juga:  Keraton Solo Menggelar Kirab Gunungan Sekaten Solo, Sabtu 8 Oktober 2022

Bupati Juliyatmono mengatakan, berkas-berkas yang dikumpulkan oleh mahasiswa Karanganyar yang memenuhi syarat akan diajukan semuanya untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar alias KIP Mahasiswa.

“Tidak ada kuota. Ini kan pengajuan ke pemerintah pusat. Namanya juga usaha. Yang penting kami usahakan dulu berkas kami ajukan ke pusat semoga bisa dapat semuanya untuk mahasiswa yang membutuhkan,” ucap dia.

Tags: , ,