Ratusan Penari akan Ramaikan Solo Menari 2021

Ratusan Penari akan Ramaikan Solo Menari 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Surakarta kembali menggelar Solo Menari 2021.

Kegiatan Solo Menari 2021 merupakan tindak lanjut dari program Wali Kota Surakarta tentang perlunya pengembangan kebudayaan yang modern tanpa meninggalkan budaya tradisional.

Even tahunan yang digelar dalam rangka menyambut hari tari sedunia ini bakal digelar pada hari Kamis (29/4/2021).

Solo Menari dengan tema “Menari di Tengah Pandemi” ini diselenggarakan serentak di 54 kelurahan dan dipusatkan di Rumah Kebudayaan Ndalem Joyokusuman Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon.

Pada Senin (26/4/2021) kemarin, Agus Susanto selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta mengatakan, “Kegiatan (Solo Menari) tahun ini tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu terpusat di satu titik. Tapi tahun ini kita serentak di 54 kelurahan”.

Ia menambahkan bahwa alasan Solo Menari 2021 diselenggarakan di 54 kelurahan dengan tujuan menghindari kerumunan.

Agus menjelaskan, Solo Menari 2021 akan diikuti tiga penari dari Taman Budaya Kalimantan Timur. Mereka akan bergabung dengan kelompok Eko Dance Company.

“Sebagai langkah mewujudkan program itu, isian dari hari tari akan menampilkan berbagai macam jenis tarian baik klasik maupun modern”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo Suhanto menyampaikan, Solo Menari 2021 akan diramaikan oleh 400 penari yang berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Suhanto mengatakan, pihaknya akan mengundang tamu VIP dan masyarakat umum dengan jumlah terbatas di Ndalem Joyokusuman.

Masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung Solo Menari 2021 di Ndalem Joyokusuman bisa memesan tiket secara gratis melalui akun Instagram @disbudska.

“Jadi, bagi masyarakat apabila ingin melihat secara langsung, bisa mendaftar lewat tiket box yang kita sediakan di Instagram. Ada sebanyak 100 tiket yang akan kita bagikan secara gratis,” jelasnya.

Tags: , ,