Ratusan Ribu Warga Karanganyar Jadi Sasaran Vaksin Corona

Ratusan Ribu Warga Karanganyar Jadi Sasaran Vaksin Corona

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Purwati mengatakan, mengacu dari sejumlah kategori yang ditetapkan oleh pemerintah pusat akan ada 570.156 warga Karanganyar yang menjadi sasaran pemberian vaksin Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Purwati pada hari Senin (4/1/2021) kemarin.

Ia menuturkan, “Vaksin di Semarang. Rencana sampai Karanganyar 13 Januari. Tetapi itu belum didistribusikan ke fasilitas kesehatan. Itu baru distribusi dari Semarang ke Karanganyar”.

Dari jumlah itu, Purwanti menjelaskan, “Ada tenaga kesehatan, pelayanan publik, TNI, Polri, Satpol PP, guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat rentan, peserta BPJS PBI, dan masyarakat lain. Masyarakat lain ini termasuk pelaku ekonomi. Ada juga kelompok lanjut usia dan komorbid yang terkontrol”.

Namun, ia juga menyampaikan bahwa data tersebut bersifat sementara.

Baca Juga:  Pengelola Stadion Manahan Solo Belum Terima Pemberitahuan Soal Venue Piala Menpora

Artinya data tersebut bisa saja berubah mengacu ketentuan yang berlaku.

“Jadi itu data sementara. Bisa saja ada penambahan. Urutannya penerima vaksin seperti tadi. Diawali tenaga kesehatan dulu sampai April. Setelah itu peserta berikutnya”, katanya.

Pihaknya mengungkapkan bahwa sebanyak 3.441 orang tenaga kesehatan (nakes) se-Kabupaten Karanganyar akan menjadi sasaran vaksinasi.

Para nakes yang menjadi prioritas pemberian vaksin Covid-19 itu sudah memasukkan data ke SDMK.

Namun, Purwanti juga menyebut bahwa data penerima vaksin tersebut masih bisa berubah.

Pasalnya, salah satu penyebabnya yakni pemerintah pusat meminta pada pemerintah daerah untuk memasukkan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kesehatan termasuk dalam daftar penerima vaksin.

Purwati menerangkan, “Itu data yang sudah masuk sumber daya manusia kesehatan (SDMK). Ada 3.441 orang. Nah, rapat pusat data dan informasi (pusdatin) dan Kemenkes menginstruksikan agar menambahkan CPNS kesehatan harus masuk. Kemudian tenaga kesehatan yang praktik swasta juga harus masuk. Tetapi mereka harus entri data masing-masing dan aktif”.

Baca Juga:  Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Diresmikan

Nakes Karanganyar yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 terlebih dahulu akan dikirimi SMS blast.

Kemudian calon peserta vaksinasi harus mengikuti alur dari pemerintah daerah.

Purwati menegaskan bahwa Pemkab Karanganyar sudah menyiapkan alurnya.

“Pendataan sudah. Kami buat alur mekanisme. Rabu ini akan sosialisasi kepada fasilitas kesehatan yang akan menjadi tempat vaksinasi. Ada 21 puskesmas dan dua rumah sakit yang kami tunjuk. Akan kami buatkan surat keputusan. Sosialisasi dan simulasi alur dan mekanisme seperti apa”, ungkapnya.

Tags: , ,