Razia Knalpot Brong, Polisi Sita Ratusan Sepeda Motor di Solo

Razia Knalpot Brong, Polisi Sita Ratusan Sepeda Motor di Solo

Satuan Lalu Lintas Polresta Solo berhasil menyita ratusan sepeda motor berknalpot brong atau tidak sesuai spesifikasinya dalam Operasi Knalpot Brong di Mako 2 Jalan Slamet Riyadi Gendengan Solo.

Operasi tersebut dilaksanakan jajaran Satlantas Polresta Solo dibantu Tim Sparta Polresta Solo dan Polisi Militer.

Total ada sebanyak 205 kendaraan berknalpot brong yang berhasil diamankan dalam operasi tersebut.

Operasi tersebut dipimpin oleh Kompol Adhytiawarman Gautama Putra selaku Kasat Lantas Polresta Solo, yang menindaklanjuti keluhan dari warga yang disampaikan melalui media sosial (medsos) dan call center Polresta Solo.

“Fokus razia diperuntukkan bagi kendaraan roda dua yang memakai knalpot bising atau tidak sesuai spesifikasinya”, jelas Kasat Lantas.

Ia menambahkan, “Kami dalam operasi mengamankan 205 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong. Razia sama juga dilaksanakan serentak di lima Polsek jajaran Polresta Surakarta”.

Baca Juga:  Penyebab Tewasnya Remaja Klaten Usai Latian Silat Terungkap

Para pengendara yang terjaring operasi lantaran membawa kendaraan knalpot bising pun dikenakan sanksi tilang.

Sepeda motor juga ditahan hingga pemilik kendaraan itu menggantinya dengan knalpot standar pabrikan.

“Semua sepeda motor yang terjaring dalam razia kami tahan dan kami berikan surat tilang”, katanya lagi.

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya tidak akan mentoleransi para pengguna kendaraan knalpot bising. Para pengguna kendaraan knalpot bising yang terjaring operasi kepolisian akan langsung ditindak tegas. Bahkan, sepeda motor akan dikandangkan.

“Penggunaan knalpot brong selalu meresahkan masyarakat karena sudah melebihi ambang batas kebisingan,” kata Kapolresta.

Seperti yang diketahui, Satlantas Polresta Surakarta pada operasi sebelumnya, juga dapat mengamankan lebih 700 motor knalpot brong. Para pengendara yang membawa kendaraan dengan knalpot brong dikenakan sanksi tilang dan motor ditahan hingga penggantian knalpot standar pabrikan.

Baca Juga:  Rutan Klas IA Solo Digeledah, Petugas Temukan Sajam dan HP

Untuk informasi, berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 Pasal 285 dijelaskan setiap orang yang mengemudikan motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban didenda paling banyak Rp 250.000 atau kurungan selama 1 bulan.

Tags: , ,