Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Gibran: Jabatan adalah amanah

Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Gibran: Jabatan adalah amanah

Pada hari Jumat (26/2/2021) ini, Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo.

Gibran dilantik bersama Teguh Prakosa yang akan mendampinginya sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Proses pelantikan dilaksanakan di Graha Paripurna DPRD Kota Solo, sekitar pukul 08.30 WIB.

Pelantikan Gibran dan Teguh dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Usai pelantikan, Gibran mengatakan, “Alhamdulillah pelantikan hari ini berjalan dengan lancar. Jabatan ini merupakan amanah dan akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat Kota Solo”.

Usai pelantikan pasangan yang menang dalam Pilkada Solo 2020 itu selesai, acara dilanjutkan dengan melakukan pelantikan istri Gibran yakni Selvi Ananda sebagai Ketua PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Pelantikan Selvi tersebut dipimpin oleh istri Ganjar yakni Atikoh Ganjar Pranowo selaku Ketua PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Seperti yang diketahui, pasangan Gibran-Teguh memenangkan kontestasi Pilkada Solo 2020 itu dengan mengalahkan pasangan calon dari jalur independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo).

Pasangan Gibran-Teguh berhasil mendapatkan 86,52 persen, sementara pasangan Bajo hanya mendapatkan 14,46 persen suara.

Sementara itu, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres) Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan tetap mendapatkan fasilitas pengawalan dari paspampres.

Hal ini sesuai dengan peraturan pengamanan untuk Presiden dan keluarga dekatnya.

Pada hari Jumat (26/2/2021) ini, Agus mengatakan, “Sesuai tugas pokok Paspampres yakni melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada Presiden, Wakil Presiden, dan keluarganya.

“Kemudian, kepada tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, mantan wakil presiden. Jadi anak-anak presiden dapat pengawalan dari Paspampres. Bukan karena (status) wali kota-nya (Gibran)”, katanya lagi.

Tags: , ,