Revitalisasi Lokananta Solo, Akan Menjadi Destinasi Wisata Baru Kota Solo

Revitalisasi Pembangunan Studio Musik Lokananta Solo

Revitalisasi Lokananta Solo merupakan studio musik tertua di Indonesia yang terletak di Kota Solo, akan segera dilakukan revitalisasi. Lokananta sendiri telah tercatat sebagai situs cagar budaya dan telah menjadi saksi sejarah perkembangan musik di Indonesia.

Lokananta berdiri pada tanggal 29 Oktober 1956 atas inistiatif R. Maladi. Nama Lokananta digagas oleh Raden Maladi, yang berarti gamelan dari khayangan bersuara merdu.

Studio rekamanan tertua milik PNRI (Perum Percetakan Negara Republik Indonesia) akan dilakukan perombakan sekaligus pengembangan yang didanai dan dipimpin oleh Group Danareksa dan PPA (PT Perusahaan Pengelola Aset).

Nantinya, Lokananta ditargetkan bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Direktur Utama PT PPA, Yadi Jaya Ruchandi sudah memaparkan rencana revitalisasi Studi Musik Lokananta kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang didampingi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat berkunjung ke Solo pada tanggal 14 Juli 2022.

Yadi Jaya Ruchandi menjadwalkan revitalisasi akan dimulai bulan Agustus dan bisa rampung sesuai target pada akhir tahun ini. Untuk rancang bangun proyek oleh Tim Andramatin dan PP Urban.

Konsep pengembangan Lokananta kedepannya sebagai pusat kreatif dengan berbasis seni di Kota Solo.

Dengan lahan luas sekitar 21.150 meter persegi, proyek ini akan mengoptimalkan lahannya untuk studio musik dan amphitheatre, museum dan arsip, merchandise dan manajemen, serta galeri UMKM dan kuliner.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

Tidak hanya sebagai museum dan studio musik, Ganjar Pranowo membayangkan, Lokananta Reborn sekaligus dapat menjadi sekolah musik.

Pembahasan rencana revitalisasi ini sebenarnya sudah lama, kata Gibran Rakabuming Raka. Kementrian BUMN menyambut baik inisiasi ini dan akan mendukung penuh proses revitalisasi. “Ini saya kawal dari awal, Banyak masukan bagus dari Pak Gubernur, terutama untuk sekolah musik tadi”, tambah Gibran.