Ribuan Pedagang Pasar di Solo Akan Disuntik Vaksin

Ribuan Pedagang Pasar di Solo Akan Disuntik Vaksin

Diberitakan sebelumnya, pada hari Minggu (21/2/2021) kemarin, Dinas Kesehatan Solo kembali menerima kiriman vaksin.

Sebanyak 7.000 vial atau 70.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac untuk program vaksinasi tahap kedua.

Vaksin sebanyak itu akan digunakan untuk program vaksinasi tahap kedua yang prioritas diberikan kepada pelayan publik dan orang lanjut usia.

Vaksinasi tahap dua tersebut juga menyasar pedagang Pasar Gede dan Pasar Klewer di Kota Surakarta, Solo, pada tanggal 27 Februari mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi, mengatakan sudah melakukan pendataan bagi pedagang yang ada di seluruh pasar atau 44 pasar di kota Solo. Sebelum akhirnya melakukan vaksinasi terhadap pedagang di dua pasar, yakni Pasar Gede dan Pasar Klewer.

Baca Juga:  Kubah Lava Misterius di Tengah Kawah Gunung Merapi Akhirnya Terpantau

Dari data Dinas Perdagangan, jumlah pedagang di 44 pasar tersebut jumlahnya mencapai 16 ribu, yang merupakan pedagang kios dan pelataran.

Sunardi menjelaskan, “Kalau karyawan kios dan los belum masuk data penerima vaksin”.

Dari 44 pasar yang didata oleh Dinas Perdagangan, saat ini hanya kurang 6 pasar saja yang belum memberikan laporan. Mereka mengumpulkan data dan status kependudukannya untuk didaftarkan ke Kementrian Kesehatan. Menurut Sunardi, terkadang ada satu pedagang yang punya lebih dari satu kios dan los.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan pedagang pasar tradisional dan lansia akan menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk mendapat vaksinasi.

Menurut Ning, pedagang pasar menjadi salah satu prioritas karena pasar merupakan pusat keramaian dan kegiatan ekonomi. Ia mengatakan bahwa langkah tersebut adalah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Tags: , ,