Ribut Soal Laut China Selatan, AS-China Perang Hastag

Amerika Serikat tidak hanya memanas di dunia nyata. Dua negara ekonomi terbesar di dunia, sekarang juga ribut di dunia maya.

“Perang” Angkatan Laut AS Amerika dan media China menggunakan tagar di Twitter. Mereka saling mengomentari tentang kapal induk Amerika dan tentara Tiongkok, yang secara bersamaan mengadakan latihan di Laut Cina Selatan.

Tabloid milik pemerintah China, Global Times, memosting tweet foto-foto rudal dan kapal perang China. Media yang dekat dengan pemerintah Beijing ini bahkan telah memperingatkan semua kapal induk Amerika di LCS dengan menyebutnya “plesiran #PLA”.

Kepala informasi Angkatan Laut AS pun membalas tweet pada hari berikutnya dengan sebuah tweet, “Namun, mereka #USSNimitz & #USSRonaldReagan tidak terintimidasi”. Tagar #AtOurDiscretion di akhir kalimat.

Baca Juga:  Gergaji Mobile Buatan SMK Kristen 2 Solo Siap Dipasarkan

PLA adalah singkatan Tentara Pembebasan Rakyat atau militer China. Sedangkan Nimitz dan Reagan adalah dua kapal induk besar milik armada AS.

Bukan hanya itu, Global Times juga memposting tweet foto-foto senjata utama fregat berpeluru kendali milik China yakniYulin dan tiga rudal anti-pembawa jarak jauh, DF-21Ds dan DF-26s. Dipostingan itu ditulis pula bahwa “Laut Cina Selatan sepenuhnya dalam genggaman #PLA”.

Dalam tweet juga diposting artikel yang mengkritik keputusan AS untuk secara sengaja mengadakan latihan pada saat yang sama dengan China di dekat Kepulauan Xisha. Keputusan AS menunjukkan itu sebagai “sumber nyata ketidakstabilan regional potensial”.

Global Times juga menggambarkan kelompok operator sebagai “tidak lebih dari macan kertas di depan pintu China.” Media mengatakan bahwa latihan Amerika adalah “sebuah pertunjukan untuk menebus kehilangan wajahnya terkait pengendalian epidemi” dan hilangnya “kartu Hong Kong” menyusul disahkannya undang-undang baru tentang keamanan nasional yang memberi Beijing kekuatan besar di kota tersebut.

Baca Juga:  Debat Terbuka Pertama Paslon Sukoharjo akan Digelar Hari Ini

Akun Twitter Armada Pasifik AS pun kembali membalas cuitan tersebut pada Senin (6/7/2020). Akun resmi itu memosting foto-foto kapal pembom B-52H dan pejuang dari USS Nimitz yang terbang dari pangkalan di Louisiana dalam formasi di atas Laut China Selatan.

Tags: , , ,