Riedl Tutup Usia, Sepak Bola ASEAN Berduka

Kabar duka menyelimuti dunia sepak bola tanah air. Dikabarkan mantan pelatih timnas Indonesia, Afred Riedl, menginggal dunia pada Selasa (08/09/2020) pada usia 70 tahun. Pelatih berkebangsaan Austria itu meninggal di kampung halamannya, Pottendorf.

Dilansir dari DetikSport, dikabarkan pria kelahiran Wina, Austria itu memang telah lama berjuang melawan penyakit kanker yang ia derita. Pria yang jago dalam hal taktik ini memiliki jasa yang besar terhadap timnas sepak bola Indonesia, dimana lewat pelatihannya, timnas Indonesia berhasil bangkit meraih banyak prestasi,  salah satunya muncul sebagai runner up di ajang  pertandingan sepak bola negara-negara ASEAN, Piala AFF di tahun 2010 silam.

Kala itu dia berhasil membentuk tim Garuda yang kuat dengan menghadirkan talent-talent pesepak bola baru, salah satunya adalah Irfan Bachdim, yang merupakan pemain naturalisasi dari Jerman. Dirinya menangani timnas Indonesia dalam beberapa periode, yaitu tahun 2010-211, 2013-2014, serta tahun 2016.

Selain menangani timnas Indonesia, Riedl juga berjasa dalam dunia sepak bola Vietnam dan Laos. Salah satu pemabin Vietnam yang merupakan mantan anak asuh Riedl, Nguyen Van Sy menjelaskan bahwa Riedl adalah sosok yang mengubah dirinya dan satu tim dari pemain pemula menjadi pemain tangguh. Dia juga mengatakan bahwa prestasi yang diukir Vietnam sejauh ini dalam dunia sepak bola juga karena jasa Riedl.

Di Indonesia, para pelaku sepak bola dan mantan pemain besutan Riedl juga sudah mengutarakan dukanya. Ada Yanto Basna yang mendapat kesempatan karier di Timnas Indonesia oleh Riedl dan ada pula rasa kesedihan yang diungkapkan Bambang Pamungkas. Karirnya di tanah air terakhir dirinya saat menjadi  pelatih di tim Persebaya Surabaya pada tahun 2019 silam.

Tags: , , ,