Habib Rizieq Pulang, Sejumlah Jadwal Penerbangan Tertunda

Dalam kepulangan Imam Besar dari Front Pembela Islam (FPI), Riziek Shihab, sempat terjadi kericuhan yang disebabkan oleh para anggota kelompok tersebut yang berbondong-bondong menyambut kedatangan pemimpin mereka yang tiba pada hari Selasa, (10/11/2020, pada pukul 08.38 WIB di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta (Soeta).

Antar masa simpatisan terlibat aksi saling dorong. Mereka berebut cium tangan dengan sosok yang telah meninggalkan Tanah Air selama 3 tahun tersebut. Lebih dari 20 menit, Riziek akhirnya menaiki kendaraan pejemput yang akan mengantarkan dirinya ke kediamannya di Pertamburan, Jakarta Pusat.

Aksi saling dorong itu membuat sejumlah fasilitas pendukung Terminal 3 terpantau rusak, seperti bangku-bangku calon penumpang dan tenda-tenda booth yang biasa berdiri di Terminal 3. Rizieq keluar dari pesawat mengenakan baju putih dilengkapi dengan surban dan masker.

Baca Juga:  BPPTKG : Aktivitas Gunung Merapi Masih Meningkat

Dirinya didampingi oleh menantunya, Muhamand Hanif Alatas dan beberapa aparat keamanan yang sudah menunggunya didekat pintu keluar pesawat. Saat menuruni eskalator, ia sudah disambut oleh sekitar ratusan masa yang sudah menunggunya.

Selain kericuhan di bandara Soeta sendiri, kepulangan Rizieq ini juga menyebabkan jadwal penerbangan tertunda. Kementerian Perhubungan menyatakan jadwal penerbangan tertunda selama 3-4 jam yang diakibatkan kemacetan panjang yang terjadi di jalan akses tol Soedyatmo yang diakibatkan karena membeludaknya simpatisan Rizieq yang berbondong –bondong menyambut kedatangannya.

Sementara itu, Menko Polhukam, Mahfud MD menyebut kepulangan Rizieq dari Arab Saudi ini untuk menghindar agar tidak dideportasi karena pelanggaran imigrasi. Mahfud mengatakan Rizieq pulang secara terhormat dan tak ingin dideportasi. Dia pun mengurus segala syarat kepulangannya setelah dinyatakan kelebihan izin tinggal selama kurang lebih dua setengah tahun.

Tags: , ,