RT/RW Di Klaten Dimasukkan Sebagai Penerima Bantuan JPS

RT/RW Di Klaten Dimasukkan Sebagai Penerima Bantuan JPS

Para Ketua RT/RW di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan dimasukkan sebagai penerima bantuan jaring pengaman sosial (JPS) kabupaten bantuan tersebut berupa paket sembako. Bantuan tersebut diberikan sebagai apresiasi terhadap kinerja ketua RT/RW yang dinilai aktif membantu penanganan Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan selama ini ketua RT/RW berperan besar dalam penanangan Covid-19. Salah satu peran yakni membantu melakukan pendataan warga terdampak pandemi Covid-19.

“Peran RT/RW ini cukup kuat membantu gugus tugas kabupaten. Sementara, kondisi Covid-19 ini sampai kapan belum bisa ditentukan. Mereka [ketua RT/RW] juga harus mendapatkan perhatian. Ini [bantuan paket sembako] bukan upah atau uang lelah bagi mereka. ini sebagai penghargaan kepada para ketua RT/RW agar tambah semangat,” ujar Mulyani saat diwawancarai di Kecamatan Kemalang, Klaten, hari Minggu (19/7/2020).

Baca Juga:  Angka Kasus Covid-19 Solo Tembus 1.007 Orang

Sri Mulyani menyampaikan dalam penyaluran bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Klaten, sebagian ketua RT/RW belum dimasukkan sebagai penerima salah satu bantuan yang digulirkan dari pemerintah.

“Sebenarnya mereka layak mendapatkan. Namun, agar tidak menimbulkan kecemburan akhirnya oleh desa tidak diusulkan,” ucap Mulyani.

Bantuan paket sembako melalui program JPS kabupaten sudah digulirkan memasuki tahap II. Para untuk ketua RT/RW di Klaten itu mulai mendapatkan bantuan paket sembako pada tahap III yang direncanakan disalurkan pada Agustus mendatang. Mereka akan mendapatkan bantuan serupa pada tahap selanjutnya menyesuaikan bergulirnya bantuan dampak Covid-19 yang digulirkan pemerintah pusat

“Kalau JPS kabupaten kami mengikuti apa yang menjadi kebijakan di pusat. Kalau BLT dan BST diperpanjang hinga tiga kali, otomatis JPS kabupaten ikut diperpanjang tiga kali,” lanjutnya.

Baca Juga:  Kasus Covid di Boyolali Tembus 1.020 Orang

Bupati Kabupaten Klaten mengatakan ada kriteria tertentu RT/RW yang bisa mendapatkan bantuan paket sembako. Ketua RT/RW yang berstatus sebagai ASN, anggota TNI/polri, pensiunan, atau perangkat desa tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut.

“Untuk jumlah total ketua RT/RW di Klaten antara 8.000-9.000 orang,” tutupnya

Tags: , ,