Rumah Heritage Batik Keris, Hasil Sulap Dari Rumah Sarang Kelelawar

Rumah yang dahulu dikenal masyarakat Kota Solo dengan sebutan Omah Lowo (Rumah Kelelawar), kini tekah berubah disulap menjadi Rumah Heritage Batik Keris. Terobosan dilakukan oleh Batik Keris dengan merenovasi sebuah rumah ini diperuntukkan sebagai display budaya batik sekaligus pusat kerajinan Nusantara. Lokasinya berada di simpang empat Jalan Perintis Kemerdekaan No 1 Kecamatan Laweyan, Kota Solo.

“Sejak tahun 2016 lalu, proses peralihan dilakukan dari pemilik sebelumnya kepada kami. Setelah itu, dilakukan renovasi hingga akhirnya selesai tahun ini,” terang owner Rumah Heritage Batik Keris, Lina Tjokrosaputro kepada wartawan, Senin (28/9) petang.

Rumah Heritage Batik Keris, kata Lina, memiliki perjalanan yang sangat panjang. Rumah yang telah berusia 100 tahun ini memiliki ikatan yang erat dengan keluarga Batik Keris. Dimana, pemilik awal rumah tersebut merupakan kakek dan nenek dari Almarhum Bapak Handianto Tjokrosaputro yang tak lain adalah suami dari Ibu Lina.

Baca Juga:  Pembangunan Pasar Legi Solo Rampung Setahun Lagi

“Suami saya (Almarhum) menginginkan rumah ini karena merupakan peninggalan dari kakek dan neneknya. Setelah itu, beliau berkeinginan untuk menjadikan rumah ini sebagai rumah heritage sekaligus untuk display produk batik dan UMKM khususnya di wilayah Solo Raya ini,” jelas Lina.

Dalam prosesnya renovasi yang dilakukan, lanjut Lina, dirinya bertemu dengan GPH Paundrakarna JS hingga akhirnya memberikan warna yang berbeda untuk keindahan Rumah Heritage Batik Keris.

“Rumah Heritage Batik Keris ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian utama diperuntukkan sebagai tempat koleksi Batik Keris. Lalu, bangunan kedua yang ada di tengah Rumah Heritage ini adalah gerai Batik Keris untuk koleksi fashion hingga produk-produk UMKM dan bangunan ketiga diperuntukkan sebagai resto dan kafe yang menyediakan menu nusantara dan kopi lokal Indonesia,” terang Lina.

Baca Juga:  Dalam Sepekan, Sukoharjo Catat 6 Kasus Kematian Pasien Positif Covid-19

Pihaknya berharap, dengan adanya Rumah Heritage Batik Keris ini mampu memberikan warna tersendiri di bidang budaya dan batik khususnya di Kota Bengawan.

Incoming search terms:

  • eumah heritage istana batik ketis
Tags: , , ,